Bupati Saroy Serukan Jaga Keutuhan NKRI Demi Pembangunan di Pegaf

Oleh Redaksi

01 October 2018 19:10 1596 VIew

''Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosias Saroy, saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila, (1/9) di Lapangan Iray, Pegaf.''

Pegaf, arfaknews.com – Pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila, Senin (1/9) di Lapangan Iray. ‘Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa’, menjadi tema peringatan tahun ini.

Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosias Saroy mengatakan, Pancasila adalah Ideologi dasar bagi NKRI dan merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, Pancasila diyakini sebagai komitmen bersama terhadap nilai-nilai luhur bangsa.

“Kita harus ingat, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Kita harus belajar dari pengalaman, bahwa banyak hal dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa melalui radikalisme, konflik sosial dan terorisme,” ujar bupati.

Menurutnya, Pancasila dan UUD 1945 yang dikemas dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, dipercaya mampu mempersatukan semua masyarakat Pegaf dalam ikatan yang damai.

“Sehingga kita dapat merasakan hidup rukun antar umat beragama, saling gotong-royong dalam memajukan negeri Indonesia yang kita cintai,”terangnya.

Ia tak lupa mengajak semua masyarakat Pegaf berperan aktif menjaga keutuhan NKRI sebagai wujud nasionalisme dan patriotisme. Sehingga apa yang menjadi cita-cita pembangunan bisa terwujud dengan saling menghargai berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, Bupati juga berkomitmen mengentaskan kemiskinan dan buta huruf serta pemerataan kesejahteraan 10 distrik dan 166 kampung. Untuk itu, dibutuhkan kerja sama dan keterlibatan seluruh masyarakat di Pegaf.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga dihadiri Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak, April Indow, Kompol Baut Sunarianto (LO Pegunungan Arfak), Lettu Inf Katwadi (Danramil 1703-08 Anggi), Ipda Slamet Riyadi (Kapolsek Anggi) serta para pimpinan SKPD.

Editor : Thias


Berita Terkait