Papua Barat Tuan Rumah 5 Cabor PON XX, GOR dan Stadion Sanggeng Segera Direnovasi

Oleh Charles Maniani

06 October 2018 07:01 274 VIew

''Sekretaris Umum KONI Papua Barat, Eduardo Toansiba. Charles Maniani | arfaknews.com''

Manokwari, arfaknews.com – Provinsi Papua Barat akan menggelar pertandingan 5 cabang olahraga PON XX Papua Tahun 2020. Hal ini berdasarkan penandatanganan kerja sama dalam bentuk Memorandum of understanding (MoU) antara Pemprov Papua Barat dan Pemprov Papua.

Kelima cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Papua Barat adalah Cabor Balap Motor, Terjun Payung, Penyisihan Sepak Bola, Tenis Meja dan Renang.

Sekretaris Umum KONI Papua Barat, Eduardo Toansiba, mengatakan tidak menutup kemungkinan bakal ada penambahan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Papua Barat.

“Ini akan disesuaikan kedepan karena tergantung persiapan pembangunan venue pelaksanaan cabor-cabor yang akan dipertandingkan di PON,” ujarnya, Sabtu (6/10) di Manokwari.

Menurutnya, kelima cabor tersebut sudah pasti digelar di Papua Barat, usai penandatanganan MoU antara Pemprov Papua Barat dengan Pjs Gubernur Papua, Soedarmono, tanggal 26 Mei lalu.

Saat ini Pemprov Papua Barat tinggal menindaklanjuti payung hukum atau dalam bentuk Instruksi Presiden (Inpres) sebagai dasar pelaksanaan pertandingan cabor-cabor PON XX di Papua Barat.

“Dalam waktu dekat juga, kedua Gubernur, baik Papua dan Papua Barat, akan duduk bersama untuk membahas hal ini,” bebernya.

Dari rencana 5 cabang olahraga tersebut, beberapa venue siap dipermantap,diantaranya Gedung Olahraga Sanggeng untuk pertandingan Cabor Tenis Meja, Stadion Sanggeng untuk babak penyisihan Sepak Bola.

Selain itu, venue kolam renang akan dibangun di Kabupaten Raja Ampat dan Venue Moto Prix yang saat ini dibangun di Masni, Distrik Prafi.

Eduardo menambahkan, KONI Papua Barat hanya mengurus prestasi, sementara pelaksanaan sebagai tuan rumah PON XX Tahun 2020 nanti diserahkan kepada Pemprov Papua Barat.

Editor : Thias

Berita Terkait