Kodim 1703 Manokwari Kejar Realisasi Target Cetak Sawah 2018

Oleh Redaksi

08 October 2018 07:01 119 VIew

''Program Cetak Sawah yang Dilakukan Kodim 1703 Manokwari.''

Manokwari, arfaknews.com – Kodim 1703 Manokwari sedang menggenjot penyelesaian Program Cetak Sawah Tahun 2018. Saat ini, Kodim menargetkan Program Cetak Sawah baru tambahan rampung sebelum akhir Tahun.

Dandim 1703 Manokwari, Letkol Inf. Henriek P. Mote, mengaku sejumlah lokasi cetak sawah baru tetap dilakukan sesuai dengan rencan awal.

“Total semua ada 150 Hektar cetak sawah baru, ditambah 50 Hektar lagi. Program untuk menggarap lahan baru sendiri sudah mencapai 50 persen, sisanya dikebut hingga akhir tahun ini,” ujarnya Sabtu (6/10) di Manokwari.

Dari 50 Hektar cetak sawah di Kampung Mimboy, Distrik Masni, 28 Hektar diantaranya sudah rampung. sementara 10 Hektar di Kampung Wariori Indah baru digarap. Sementara tambahan 46 Hektar lahan baru di Ransiki dan 50 Hektar di Kampung Bowi Subur, Distrik Masni, akan diupayakan rampung sebelum Bulan Desember 2018.

Menurut Dandim, ada beberapa penghambat dari program cetak sawah, diantaranya hujan dan kebanyakan wilayah rawa sehingga menghalang akses masuk alat berat untuk pembukaan lahan.

‘Tanggal 19 Oktober nanti ada kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari pusat. Tim akan mengecek langsung sejauh mana perkembangan program cetak sawah ini,” ujar Dandim.

Ia mengaku minat Orang Asli Papua dalam program ini masih minim, namun beberapa diantaranya meminta langsung untuk menggarap sawah sendiri.

“Tentu masih disertai pendamping dan mereka (petani) OAP harus bekerja keras dan niat untuk benar-benar mandiri. Kami tentu ingin program cetak sawah benar-benar terealisasi secepatnya,” pungkas Dandim.

 

Editor : Thias

Berita Terkait