ICBE 2018 Melibatkan Peneliti Muda Se Tanah Papua

Oleh FX Putra Aryanto

08 October 2018 07:01 234 VIew

''Foto : Kanan, Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat Prof. Charlie Heatubun, (tengah) Sekda Papua Barat Drs. Nataniel D Mandacan, (kiri) Ketua Panitia ICBE 2018 Manokwari Papua Barat Keliopas Krey. Foto : arfaknews.com | FX Putra Aryanto''

Manokwari ( arfaknews.com ) - Gema Confenece on Biodiversity, Eco-Tourism and Creative Ekonomi (ICBE) 2018 yang digelar di Manokwari, Provinsi Papua Barat tanggal, 7 hingga 10 Oktober 2018 menarik perhatian para peneliti muda untuk terlibat dalam mendorong gagasan pemanfaatan sumber daya alam secara lestari di Papua dan Papua Barat.

Ketua Panitia ICBE 2018 Keliopas Krey dalam keterangan persnya, Senin (8/10) mengatakan, conference yang digelar oleh Balitbangda Provinsi Papua Barat ini selain menghadirkan sejumlah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Internasional dan beberapa negara yang memiliki konsentrasi yang sama soal Biodiversity, Eco-Tourism dan Creative Economi, juga mengakomodir sejumlah peneliti muda di tanah papua dan dari luar papua.

Ia mengutarakan, dengan diakomodirnya peneliti muda di Tanah Papua, dapat ikut memperkaya gagasan pemanfaatan dan pengelolahaan keanekaragaman hayati dan sumber daya alam di Papua Barat dan Papua.

“Kita harus membangun dengan mendasari semua hal, atas hasil-hasil riset supaya arah dan kebijakan pembangunan itu juga mengakomodir kepentingan pelestarian lingkungan selaim itu kita sudah melaksanakan seminar peneliti muda Papua sebelum pelaksanaan ICBE 2018," katanya.

Para peneliti muda yang diakomodir dalam mendorong gagasan Biodiversity, Eco-Tourism dan Creative Economi ini diambil dari sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Provinsi Papua Barat dan Papua. diantaranya dari Unipa, Uncen, Universitas Musamus Meraune, UKi dan beberapa Universitas terkemuka di Indonesia.

''Ini merupakan catatan penting bagi mahasiswa tingkat akhir, sehingga para mahasiswa disemua kampus yang ada di Papua dan Papua Barat bisa menyampaikan hasil-hasil penelitian mereka terkait keanekaragaman hayati, ekonomi wisata, serta ekonimo kreatif, yang mana akan berdampak besar bagi peningkatan perekonomian masayarakat,"imbuhnya.

Ia menambahkan, hasil-hasil penelitian ini dapat di jadikan sebagai salah satu materi dalam memberikan bobot dan pengayaan terhadapat konten ICBE 2018. Pihaknya juga memberikan kesempatan bagi para peneliti di luar papua agar dapat berparsipasi dalam riset tersebut.

Editor : Rizaldy

Berita Terkait