Nilai DPT Tidak Valid, Bawaslu Bintuni Bakal Gelar Pleno Perbaikan

Oleh Wawan Gunawan

08 October 2018 07:01 122 VIew

''Bawaslu Kabupaten Teluk Bintuni Menilai DPT Pemilu 2019 yang ditetapkan KPUD Teluk Bintuni belum valid, masih terdapat data pemilih ganda, Sehingga Bawaslu mendorong segera dilakukan Pleno Perbaikan, sebelum DPT tersebut ditetapkan KPU RI. Foto : Istimewa''

Bintuni, arfaknews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni menilai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Daerah itu masih belum valid. Bawaslu berencana menggelar Pleno Tertutup Perbaikan DPT untuk memastikan kevalidan DPT dimaksud.

Komisioner Bidang Data Bawaslu Kabupaten Teluk Bintuni, Shopia Tokomadoran Senin (8/10) mengatakan, Pleno perbaikan DPT tersebut akan dihadiri oleh KPUD Teluk Bintuni dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Teluk Bintuni.

Ia mengatakan, Bawaslu menilai hasil Pleno Penetapan DPT Pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh KPUD Teluk Bintuni pada tanggal, 13 September 2018 lalu, dengan total DPT sebanyak 47.826 pemilih itu belum valid.

''Dari hasil Rapat Pleno DPT yang diselenggarakan KPUD Teluk Bintuni pada tanggal, 13 september 2018 lalu, sebanyak 47.826, masih didapat data yang dianggap kurang Valid,'' kata Shopia melalui sambungan telepon kepada arfaknews.com.

Lanjut Shopia, masih terdapat data pemilih gandan, dan anak-anak dibawah umur yang belum memiliki hak pilih namun dimasukan dalam pada DPT yang ditetapkan KPUD Teluk Bintuni belum September 2018 lalu.

Menurutnya, bila dilakukan perbaikan dengan meniadakan data pemilih ganda dan anak-anak dibawah umur, maka DPT Teluk Bintuni hanya mencapai 40 ribu lebih pemilih, sedikit berkurang dari DPT yang ditetapkan KPUD Teluk Bintuni sebanyak 47.826 pemilih.

''Kalau kami kasih bersih (data pemilih ganda. Red) semua, maka untuk DPT kabupaten Teluk Bintuni hanya 40 ribuan. Untuk itu, dalam waktu dekat kami bersama KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan melakukan perbaikan DPT melalui mekanisme Pleno,'' tutupnya

Editor : Rizaldy

Berita Terkait