LMA Malamoi Desak DPRD Sahkan Perda Perlindungan Hak Suku Moi

Oleh Hanafi Tianlean

09 October 2018 07:01 53 VIew

''Puluhan Orang Dari Lembaga Masyarakat Adat Malamoi, Saat Menggelar Aksi di DPRD Kota Sorong, Selasa (9/10). Hanafi Tianlean | arfaknews.com''

Sorongkota, arfaknews.com - Puluhan orang dari Lembaga Masyarakat Adat Malamoi, Selasa (9/10) mendatangi  Kantor DPRD Kota Sorong. Mereka mendesak DPRD segera membahas serta mengesahkan Perda tentang Pengakuan dan Perlindungan Hak Masyarakat Ada Suku Moi di Kota Sorong, Papua Barat.

Sebelum masuk ke gedung DPRD, beberapa orang diantaranya sempat berorasi, menyuarakan terkait tuntutan mereka.

Kepala Suku Malamoi, Silas Ongen Klami, mendesak DPRD Kota Sorong, secepatnya mengesahkan Perda yang memberi perlindungan hak-hak adat.

“Sampai saat ini masyarakat adat Malamoi masih hidup menderita diatas tanah mereka sendiri. Padahal, tanah ini dipenuhi dengan kekayaan alam,” tegasnya.

Ketua Badan Pembuat Rancangan Peraturan Daerah (Bapemperda), Drs. Corneles Rawulubun, berjanji menindaklanjuti aspirasi tersebut.

“Kami harap juga dukungan dari seluruh masyarakat Malmoi, agar ikut mengawal aspirasi ini hingga diproses ke jenjang yang lebih tinggi kelak,” paparnya.

Aksi yang digelar singkat ini berakhir dengan aman dan tertib. Usai menyerahkan aspirasi, puluhan orang ini kemudian meninggalkan gedung DPRD Kota Sorong dengan tertib.

 

Editor : Thias 

Berita Terkait