Selain Prestasi, Ketum POSSI Yakin Dengan Potensi Selam Wisata Papua Barat

Oleh Charles Maniani

16 October 2018 05:12 1886 VIew

''Ketua Umum Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Mayjen TNI Mar. (Purn) Buyung Lalana bersama Ketua POSSI Papua Barat, Markus Waran. (Charles Maniani | arfaknews.com)''

Manokwari, arfaknews.com – Pengurus Persatuan Olahraga Selam (POSSI) Provinsi Papua Barat periode 2018-2022, dibawah pimpinan Markus Waran, resmi dikukuhkan di Manokwari, Senin (15/10).

Ketua Umum Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Mayjen TNI mar (Purn) Buyung Lalana, meyakini POSSI Papua Barat bakal mampu mengembangkan SDM dengan mencetak atlit yang handal.

“Tak diragukan lagi Papua Barat miliki segudang atlit potensial, termasuk dalam cabang olahraga selam. Kedepan, POSSI Papua Barat harus terus berkembang,” pesannya usai melantik pengurus POSSI Papua Barat di Manokwari.

Menurutnya, potensi Sumber Daya Alam (SDA) Papua Barat, sangat cocok untuk mengembangkan bidang olahraga selam. Dan, olahraga selam juga penting dalam rangka mengenalkan potensi obyek pariwisata di Papua Barat.

“Baik untuk tingkat nasional dan regional. Keberadaan olahraga selam sangat cocok untuk pengembangan pariwisata,” terang Buyung.

Sesuai program pemerintah untuk mengokohkan bidang Maritim guna menjadi poros maritim dunia, menurutnya Papua Barat memiliki potensi pengembangan olahraga selam.

Diririnya mengingatkan penanaman karakter SDM maupun jiwa wiraswasta untuk pengelolaan wisata, SAR, Rescue dan juga IPTEK.

Buyung pun sangat optimis dengan pembinaan SDM POSSI Papua Barat yang akan berprestasi saat pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2020.

“Apalagi Papua Barat juga menjadi tuan rumah pelaksanaan PON untuk beberapa cabang olahraga. Saya yakin optimis bisa meraih emas,” katanya lagi.

Selain SDM (atlit), fasilitas olahraga selam juga harus dilengkapi sebagai sarana penunjang atlit untuk latihan. Dengan pembinaan berkelanjutan yang baik, POSSI Papua Barat diharapkan mampu mengangkat prestasi saat PON.

Ketua Umum POSSI Papua Barat, Markus Waran, optimis cabang olahraga selam di kabupaten/kota se-Papua Barat akan berkembang dan maju serta mampu mencetak prestasi termasuk di PON 2020.

Editor : Thias

 

 


Berita Terkait