39 Pecinta Otomotif Adu Ketangkasan di Kasuari Manokwari Offroad 2018

Oleh Redaksi

19 October 2018 07:01 151 VIew

''Kasuari Manokwari Offroad 2018 di Sirkuit Dadakan Sowi I Manokwari, Papua Barat. Foto : Istimewa''

Manokwari, arfaknews.com – Kejuaraan terbuka Kasuari Manokwari Offroad 2018, resmi dimulai Kamis (18/10) di sirkuit dadakan Sowi I Distrik Manokwari Selatan.

Kegiatan ini merupakan bagian rangkaian peringatan HUT TNI Ke 72 Tahun, yang diselenggarakan Kodam XVIII/Kasuari, bersama Ikatan Jeep Manokwari, didukung IOF (Indonesian Offroad Federation) Papua Barat serta IMI Papua Barat.

Sebanyak 39 peserta ditantang memacu adrenalin dan menunjukan skill mengendarai kendaraan Four Whell Drive (4WD) di medan Offroad sepanjang kurang lebih 700 Meter, dengan medan lumpur dan jumping.

Ketua Panitia, Kolonel Kavaleri (Kol Kav) Aloysius Nugroho, Asisten Logistik Kasdam XVIII/Kasuari, menerangkan, kelas kendaraan terdiri dari 4.000 CC dengan 28 starter (peserta) dan 11 starter untuk kelas 2.500 CC.

“Peserta berasal dari Kabupaten Manokwari, Bintuni, Sorong, Raja Ampat dan Kota Sorong,” jelasnya saat pembukaan Kasuari Manokwari Offroad 2018.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Joopye Onisimus Wayangkau, menjelaskan Kasuari Manokwari Offroad 2018 merupakan ajang kebersamaan dan membuktikan jika olahraga ini bisa digelar di Papua Barat.

“Ini menunjukan bahwa Papua Barat sangat aman dan nyaman serta bisa dikunjungi wisatawan serta investor. Ini juga sebagai hiburan bagi masyarakat Manokwari,” ungkap Pangdam diwakili Kolonel Chb Ignatius Budy Handoko, Kepala Perhubungan (Kahubdam) Kodam XVIII/Kasuari.  

Diharapkan agenda Offroad seperti ini menjadi agenda tahunan, bahkan diselenggarakan berskala nasional di Papua Barat. Selain itu, program kedepan berupa Adventure Rally ke daerah terpencil dengan Program Binter Kodam XVIII/Kasuari, bersama pemerintah daerah dan para komunitas otomotif.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, berharap ajang Kasuari Manokwari Offroad 2018, sebagai sarana bagi atlit untuk menyalukan bakat dalam bidang olahraga otomotif.

“Ini kegiatan positif yang bisa dimanfaatkan penggemar otomotif, agar bakatnya tidak terpendam dan salah disalurkan di jalan raya (balap liar),”singkat gubernur.

Pelaksanaan kegiatan Offroad dibuka untuk umum bagi pemilik kendaraan penggerak roda 4x4 dan 4x2 berbasis Jeep, melalui uji kelayakan oleh panitia.

Editor : Thias

Berita Terkait