BPJS Tepis Tudingan Tak Layani Klaim Persalinan

Oleh Putra Aryanto

19 October 2018 07:01 112 VIew

''Kepala BPJS Kesehatan Manokwari, dr. Meryta Oktaviane Rondonuwu''

Manokwari (arfaknews.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Manokwari menepis beredarnya isu dan tudingan tidak melayani kalaim biaya persalinan ibu melahirkan di Manokwari.

Kepala BPJS Kesehatan Manokwari, dr. Meryta Oktaviane Rondonuwu, Jumat (19/10) menegaskan, tudingan terhadap BPJS Kesehatan tidak melayani pasien melahirkan itu tidak benar.

''

Kami tetap melayani pasien persalinan, Namun hanya peserta BPJS yang aktif secara mendiri maupu institusi, artinya peserta setiap bulannya aktif membayar premi," kata Meryta.

Khusus di Manokwari, lanjutnya, BPJS Kesehatan telah melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari dan Rumah Sakit dr Azhar Zahir, TNI Angkatan Laut.

Sehingga bila terdapat ibu hamil peserta BPJS Kesehatan yang hendak melahirkan, Dia menyarankan agar menggunakan fasilitas kesehatan yang diselenggarakan dua rumah sakit tersebut.

Dia menambahkan, terkait keluhan peserta BPJS, langsung menyampainan pengaduan ke kantor BPJS Kesehatan. Pasalnya sebagian petugas BPJS kesehatan yang bertugas melayani peserta di dua Rumah Sakit, sudah ditarik.

Seperti diketahui, BPJS Kesehatan akan menjamin semua jenis persalinan baik normal maupun caesar, termasuk pelayanan untukĀ  bayi baru lahir beserta ibunya.

Apabila bayi membutuhkan pelayanan atau sumber daya khusus, maka diatur dalam Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Lahir Sehat, faskes dapat menagihkan klaim di luar paket persalinan.

Editor :Rizaldy

Berita Terkait