Sius Dowansiba : Kaum Muda Papua Harus Siap jadi Pemimpin

Oleh James Aisoki

22 October 2018 07:01 73 VIew

''Ketua KNPI Papua Barat, Sius Dowansiba, Bersama Peserta Tari Yosim Pancar di GOR Sanggeng Manokwari. Foto : James Aisoki | arfaknews.com''

Manokwari, arfaknews.com – Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua Barat, Sius Dowansiba, menilai muda-mudi Papua berpotensi menjadi pemimpin di masa mendatang.

Menurutnya, pelatihan dan bimbingan kontinu untuk membangun pemikiran positif muda-mudi jadi salah satu cara dan harus dimulai saat ini.

“Orang Papua akan membangun dirinya sendiri. Kita harus miliki hati untuk melayani rakyat Papua,” jelasnya saat pentas Yospan jelang HUT Sumpah Pemuda ke 90 di GOR Sanggeng Manokwari.

Ditegaskan, ini saatnya bagi muda-mudi Papua untuk bangkit membangun Tanah Papua menuju Papua yang maju, Papua yang baru, Papua yang sejahtera.

Ia mengajak seluruh elemen muda-mudi untuk merangkul dan saling mendukung dalam mewariskan, melatih potensi seni budaya di Tanah Papua.

“Mari kita bangkitkan semangat Yosim Pancar tumbuh dan berkembang kembali. Pengaruh modern membuat banyak anak muda terjerumus ke hal-hal negatif,” terangnya.

Ketua Panitia, Yustinus Meidodga, S.TP, berharap Yosim Pancar terus dilestarikan sebagai salah satu warisan seni budaya Papua.

Perlombaan ini, lanjutnya, tidak hanya sebagai kompetisi namun lebih kepada upaya mendorong kembali gelora Tari Yosim Pancar bagi kaum muda di Papua Barat.

Kegiatan ini diikuti 15 grup Yospan, diantaranya, Melanesia,  Haleluya (2 grup) Mot Sow, Fanimo 73, Karang Taruna Fanindi Pantai, Tibes Mambobimbo,  Pambors, Baruresa, Rumbers, Mambefor, Redesta,  Mambo Waswar dan Papua Bangsawan.

 

Berita Terkait