Yustina Fenetruma, Kartini Papua yang Bangun Kampung Tugerama

Oleh Wawan Gunawan

22 October 2018 07:01 560 VIew

''Yustina Fenetruma, Kepala Kampung Tugerama, Distrik Kaitaro, Kabupaten Teluk Bintuni. Foto : Wawan Gunawan | arfaknews.com''

Bintuni, arfaknews.com – Kampung Tugerama, merupakan salah satu kampung terpencil di Distrik Kaitaro, Kabupaten Teluk Bintuni. Kini, pembangunan di Kampung Tugerama mulai bergeliat saat dipimpin Yustina Fenetruma.

Yustina merupakan satu-satunya kepala kampung perempuan dari total 24 kampung di Kabupaten Teluk Bintuni. Ia memimpin 200 jiwa warganya yang hidup dari hasil menjual kepiting dan udang.

“Kepiting dan udang yang didapat masyarakat, dijual ke Amatu, tetapi terbatas. Ukurannya satu ret hanya 400 ekor,” bebernya, Minggu (21/10).

Ia mengaku banyak sarana dan pra sarana yang belum tersedia, seperti listrik dan jaringan komunikasi yang sangat susah. Namun hal itu tidak membuatnya patah arang.

“Saat ini kami sedang berusaha membangun jaringan listrik melalui Program Padat Karya dari pemberdayaan masyarakat desa,” paparnya.

Yustina, mengaku kucuran anggaran tahap awal digunakan untuk mendirikan tiang listrik dan ini difokuskan untuk kepentingan masyarakat kampung.

Selain itu, pembangunan jalan kampung juga menjadi bagian dari program yang sudah direncanakan, termasuk saluran air (parit) dan beberapa program lain.

Menjadi figur pemimpin (kampung) saat ini lantas tak membuatnya berpuas diri. Sebaliknya, Yustina menyuarakan pentingnya nilai Emansipasi bagi semua kaum perempuan di Kampung Tugerama.

“Saat menjalankan kewajiban sebagai seorang ibu, harus fokus di dapur dan mengurus kebutuhan keluarga. Itu tidak membatasi perempuan untuk bisa berkarya dan sejajar dengan laki-laki,” ujar Yustina.

 

Berita Terkait