Papua Island Cup III Libatkan 32 Tim Sepak Bola se-Tanah Papua

Oleh James Aisoki

23 October 2018 07:01 313 VIew

''Rapat Panitia Papua Island Cup III. Foto : James Aisoki | arfaknews.com''

Manokwari, arfaknews.com – Panitia Kompetisi Papua Island Cup III sedang menyusun berbagai rencana pelaksanaan. Kompetisi ini sesuai rencana melibatkan 32 tim se-Tanah Papua, termasuk Persipura Jayapura dan Perseru Serui.

Ketua Panitia Papua Island Cup III, Zakeus Wanggai, mengatakan Papua Island Cup merupakan kompetisi tahunan yang berlevel nasional. Pelaksanaan Papua Island Cup akan digelar tanggal 12 November -15 Desember 2018.

“Ini merupakan kegiatan dan gebrakan pemuda untuk membangkitkan semangat persepakbolaan di Tanah Papua. Tidak ada hubungannnya dengan kampanye politik,” tegas Zakeus, Senin (22/10).

Tim yang diundang dalam kompetisi Papua Island Cup III, merupakan tim yang terdaftar resmi di PSSI dan mendapat rekomendasi dari kepala daerah. Namun tim swasta yang pernah mengikuti kompetisi resmi PSSI, dibolehkan ambil bagian dalam kompetisi ini.

“Kita juga berencana melibatkan tim amatir, namun dengan beberapa pertimbangan nantinya,” ujar Isack Krey, Kordinator Pertandingan Papua Island Cup III.

Menurutnya, panitia masih melihat kemungkinan untuk tidak menyertakan syarat biaya pendaftaran, jika anggaran pelaksanaan kompetisi mencukupi.

Ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI PB, Jeffry Auparay, berharap dukungan dan perhatian dari pemerintah daerah, dalam rangka membangkitkan sepak bola di Tanah Papua.

“Pemprov Papua Barat dan Pemkab Manokwari diharapkan memberi dukungan biaya. Kompetisi ini melibatkan tim-tim sepak bola dari Tanah Papua,” papar Jeffry.

Ia berharap tak hanya Persipura Jayapura dan Perseru Serui, tetapi kompetisi ini kedepan mampu melahirkan tim kebanggaan masyarakat Papua lainnya di kancah sepak bola Indonesia, termasuk Perseman Manokwari.

Berita Terkait