Bupati Fakfak Surati Presiden, Siap Tampung Korban Bencana Palu

Oleh Redaksi

23 October 2018 18:10 1390 VIew

''Bupati Fakfak, Mohamad Uswanas (kanan) Saat Menyerahkan Bantuan Peduli Gempa Palu. ''

Fakfak, arfaknews.com – Pemkab Fakfak memberi bantuan Rp.200 Juta dan total 5 kontainer berisi makanan dan pakaian layak pakai bagi korban Gempa dan Tsunami di Palu, Sulteng.

Bupati Fakfak, Mohamad Uswanas, mengatakan, niat Pemkab Fakfak untuk membantu korban bencana Palu, sedang dikoordinasikan dengan pemerintah pusat.

“Kami sudah mengirim surat ke Presiden dan dua utusan sudah berangkat ke Palu. Kami siap tampung 250 KK. Ini juga sudah saya koordinasikan dengan muspidah dan DPRD,” ujarnya akhir pekan kemarin saat Khursus Mahir Dasar Kwarcab 3301 Gerakan Pramuka Fakfak.

Bupati menyebut keinginan Pemkab Fakfak untuk menampung korban bencana Palu lebih kepada sikap solidalitas, nasionalisme dan humanisme sesama anak bangsa.

Menurutnya, kondisi geografis Palu usai dilanda bencana akan meninggalkan trauma mendalam bagi korban bencana.

“Luas Fakfak 14.320 KM Persegi. Kita punya lokasi yang besar dan bisa menampung para pengungsi. Tetapi kembali ke pemerintah pusat, apakah disetujui atau tidak,” bebernya.

Dijabarkan, tidak semua korban bencana siap ditampung, hanya mereka yang masih dalam usia produktif, dengan tujuan tidak menyulitkan.

“Jika disetujui pemerintah pusat, setiap pengurusan akan diatur panitia. Biaya baik barang dan orang jadi tanggung jawab pusat, kita hanya menyiapkan lokasi,” terang bupati.

 

 


Berita Terkait