KPK ke Manokwari, Warinussy Sebut Upaya Penegakan Hukum Extraordinary Crime

Oleh Putra Aryanto

26 October 2018 16:03 2010 VIew

''Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pemberian Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Yan Christian Warinussy, SH. ''

Manokwari, arfaknews.com - Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Provinsi Papua Barat, mendukung langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Manokwari.

“Langkah KPK ke Manokwari merupakan upaya penegakan hukum. Bagus mereka (KPK) sekarang di Manokwari,” jelas Direktur LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, SH, Kamis (25/10).

Menurutnya,  ada beberapa hal yang menjadi upaya penegakkan hukum, diantaranya mencegah dan menindak korupsi yang juga disebut extraordionary crime.

“Yang jelas, kasus korupsi masuk kategori Extra crime (kejahatan luar biasa), sehingga KPK memiliki Undang Undang sendiri,” bebernya.

Warinussy menyebut KPK berhak menyusun SOP dalam pemeriksaan kasus korupsi tanpa intervensi dari berbagai pihak. Termasuk, yang boleh mengeluarkan pernyataan terkait penyelidikan hanya pimpinan atau Juru Bicara KPK.

“Saya rasa hal ini bukan saja kasus yang menjadi atensi KPK. Bisa saja banyak kasus lainnya, seperti lelang proyek dan lelang jabatan yang sering bermasalah harus menjadi sebuah barometer KPK,” tutupnya.


Berita Terkait