Perempuan Adat Papua Diingatkan Tidak Terpengaruh Budaya Luar

Oleh James Aisoki

30 October 2018 07:01 215 VIew

''Foto bersama Kadis Pariwisata Papua Barat dan peserta Workshop''

Manokwari arfaknews.com -  dalam kegiatan r Workshop sehari, Dinas Pariwisata Papua Barat meningatkan agar perempuan adat Papua agar tidak mudah terpengaruh dengan Budaya Luar.

Hal ini dilontarkan Kepala Dinas Pariwisata Papua Barat, Yusak Wabia sedikit menyinggung kaum perempauan adat papua, dimana saat ini banyak perempuan Papua rambutnya sudah lurus karena pengaruh budaya luar.

Terkait adat dan budaya dipahami dari tiga aspek yakni cipta, rasa dan karsa. Saat ini adat masih merekat dihati perempuan Papua,

Kata  Wabia saat membuka workshop sehari peran perempuan adat dalam pemanfaatan sumber daya alam di Provinsi Papua Barat, Senin (29/10).

Ditambahkan seiring perkembangan Zaman, orang papua lupa akan praktik budayanya. diharapkjan melalui kegiatan ini, dapat memacu kaum ibu-ibu papua untuk bersaing, menjaga dan melestarikan budaya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, karena pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) di Papua Barat sangatlah penting, dibutuhkan peran kaum ibu-ibu Papua dalam pemanfaatannya.

Hal senada disampaikan Ketua DPR Kabupaten Manokwari Selatan Esau M.Ahoren, menyambut gembira pelaksanaan workshop peningkatan peran perempuan adat dalam pemanfaatan semberdaya alam di Provinsi Papua Barat, dimana kaum ibu papua sendiri perlu selalu ada seminar seminar,  guna meningkatkan kapasitas dalam mengelola sumber daya alam. dimana hasil alam papua banyak, namun belum manfaatkan dengan baik". Ucap Ahoren

Sehingga peran kaum ibu Bagaimana bisa SDA melimpah ini, dijadikan Aneka makanan, minuman dan bahan-bahan yang bernilai ekonomis.  kata Ahoren

Pemerintah daerah Manokwari Selatan sendiri, sedang berupaya menggagas peraturan daerah tentang perlindungan masyarakat Hukum adat, dari Hasil seminar ini, mereka akan beraudience dengan penyelenggara kegiatan, agar dapat dimasukan dalam pokok pembahasan di Raperda Manokwari Selatan, ujarnya.

 

editor : takdir

Berita Terkait