Toleransi Beragama Jadi Kunci Keberhasilan Pembangunan di Papua

Oleh Putra Aryanto

07 November 2018 07:01 104 VIew

''Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, saat Diskusi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Manokwari. Foto : Putra Aryanto | arfaknews.com''

Manokwari, arfaknews.com - Aman dan saling toleransi antar umat beragama, menjadi kunci keberhasilan pembangunan daerah yang maju dan stabil.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, mengungkap saling menghormati dan memahami perbedaan agama, tak hanya menjadi berkat dan juga menjadikan Papua serta Papua Barat icon keberagamaan yang majemuk.

”Persatuan dan kesatuan adalah landasan utama dalam kebhinekaan. Menjadikan daerah kita meningkat, yang mana pembangunan daerah tidak lepas dari rasa aman dan tentram antar umat beragama secara sosial,” kata gubernur saat Diskusi membangun Kerukunan Umat Beragama se-Papua dan Papua Barat, Rabu (7/11) di Manokwari.

Kehadiran FKUB di Papua dan Papua Barat, diyakini dapat mempersatukan umat dalam perbedaan. Gubernur juga mengingatkan kerukunan umat beragama harus mampu mencegah provokasi yang dapat memecah persatuan.

“Papua dan Papua Barat merupakan cermin kebhinekaan bagi umat di seluruh Indonesia, yang mana keberagaman tersebut telah terjalin lama. Mari jaga terus kerukunan dan toleransi itu,” ajak gubernur.

Forum ini dihadiri perwakilan agama yang ada di Papua dan Papua Barat, termasuk Wakil Gubernur, Mohamad Lokatani, Wakil Bupati, Edy Budoyo dan Forkopimda.

Berita Terkait