Cegah Banjir, Masyarakat Bintuni Diingatkan Tak Sembarang Buang Sampah

Oleh Wawan Gunawan

09 November 2018 07:01 47 VIew

''Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Melianus Naa. Foto : Wawan Gunawan | arfaknews.com''

Bintuni, arfaknews.com – Langkah antisipasi menghadapi bencana alam, diambil Pemkab Teluk Bintuni melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Dengan lintas koordinasi Organisasi Perangkat Daerah dan vertikal, dibentulah Forum Peduli Bencana Kabupaten Teluk Bintuni.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Melianus Naa, mengatakan forum ini bertugas menjamin penanggulangan saat bencana terjadi.

“Bencana di Bintuni yang dihadapi adalah banjir. Yang terbesar seperti banjir Tahun 2017 kemarin,” ujarnya, Jumat (9/11) di Bintuni.

Menurutnya, forum peduli bencana juga melibatkan stake holder seperti Orari dan Basarnas serta PMI. Pembentukan ini pun sesuai Undang Undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang BNPB.

“Saya boleh mengambil kesimpulan, banjir di Bintuni disebabkan tersumbatnya drainase akibat sampah. Jadi, jangan ada lagi yang membuang sampah sembarang,” tegasnya.

Pentingnya sosialisasi kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, menjadi salah satu PR untuk forum peduli bencana.

Berita Terkait