Sulistiyo : Kehadiran Dua PLTS Di Manokwari Tidak Signifikan

Oleh FX Putra Aryanto

09 November 2018 07:01 87 VIew

''Kepala PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari Sulitiyo''

Manokwari, arfaknews.com - Pembangunan dua fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) oleh Kementerian ESDM melalui Dinas ESDM Papua Barat Di Manokwari dinilai belum mampu mengangkat beban daya listrik yang didistribusikan oleh PT PLN Manokwari.

Kepala PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari Sulistiyo, Jumat (9/11) menyatakan, kedua PLTS yang dibangun di kawasan Reremi Puncak Distrik Manokwari Barat dan di kawasan perkantoran Pemprov Papua Barat, Arfai Distrik Manokwari Selatan masing-masing hanya memiliki kapasitas daya dua megawatt (2 MW).

Dengan kapasitas daya sebesar 2 MW itu kata Sulistiyo belum mampu menjawab kebutuhan listrik di wilayah Manokwari. pasalnya besarnya daya listrik yang dihasilkan oleh kedua PLTS itu bergantung dari kondisi cuaca.

"Dua PLTS itu tergantung juga dengan kondisi cuaca, jika cuaca mendung daya yang di gunakan itu tidak akan cukup, sedangkan saat cuaca cerah pun tidak 24 jam dapat berfungsi," katanya

Menurutnya, kehadiran kedua PLTS tersebut dengan kapasitas daya yang hanya sebesar dua megawat belum mampu menjawab kebutuhan listrik di Manokwari sesuai target PLN.

"Tidak semua tempat tercoverege oleh PLTS, apalagi jika cuaca mendung yang bisa tiba tiba down," tandasnya.

Editor : Rizaldy

Berita Terkait