Temukan SIM Palsu, Polres Manokwari Perketat Pemeriksaan Kendaraan

Oleh Redaksi

09 November 2018 07:01 169 VIew

''Sejumlah Petugas Lantas Polres Manokwari Saat Operasi Zebra Mansinam 2018 di Manokwari, Jumat (9/11). Foto : Thiaz | arfaknews.com''

Manokwari, arfaknews.com – Saat ini operasi Zebra Mansinam 2018 masih berlangsung hingga tanggal 14 November.

Polres Manokwari menemukan berbagai macam pelanggaran, diantaranya paling dominan adalah helm, SIM dan penggunaan Knalpot Racing.

Belum lama ini petugas memukan pengendara yang menggunakan SIM palsu saat operasi Zebra Mansinam di Manokwari.

“Ada yang memalsukan SIM milik orang lain yang sudah kadaluarsa. Ketika dicocokan, tidak identik dengan data pribadi lain seperti KTP. Kasus ini sudah ditangani Satuan Reskrim,” terang Kasat Lantas Polres Manokwari, IPTU Tatak Heru Latif, SH, MH, Jumat (9/11) sore, saat operasi Zebra Mansinam di Jalan Merdeka Manokwari.

Menurutnya, setiap kendaraan yang melintas saat operasi tak luput dari pantauan personilnya. Jika mengarah kepada indikasi curanmor, pemeriksaan pun diperketat.

Sebenarnya, mengurus SIM bukan sesuatu yang sulit. Sesuai persyaratan, harus memiliki KTP, surat sidik jari, surat kesehatan dan mengisi formulir.

“Hanya 120 Ribu Rupiah, tidak mahal kan ?. Daripada berkendara was-was karena tidak memiliki SIM,” terangnya.

Disisi lain, dirinya menampik jika jadwal operasi yang disiapkan Satuan  Lantas Polres Manokwari, bocor ke publik sebelum pelaksanaan.

“Kami acak dan dilakukan mendadak. Waktu operasi tidak ditentukan. Anggota saya menunggu perintah, sewaktu-waktu, kapan dan dimana. Anggota juga tidak mengetahui,” tegasnya.

Sementara, anggota Sat Lantas Polres Manokwari kini berjumlah 42 personil, dari yang seharusnya 70 personil. Meski demikian, minimnya anggota tak lantas menghambat tugas pokok.

“Contohnya saat operasi saat ini, yang lepas piket juga ikut dilibatkan. Kita maksimalkan yang ada untuk menjalankan tugas,” pungkasnya.

Sejauh ini, Satuan Lantas Polres Manokwari sudah mengamankan 250 lebih motor dan 70 kendaraan roda empat.

Berita Terkait