Kejurnas Finswiming 2018 Jadi Ajang Pembuktian Penyelam Papua Barat

Oleh Putra Aryanto

16 November 2018 19:09 2279 VIew

''Peserta Kejurnas Selam Finswiming 2018. ''

Manokwari, arfaknews.com - Kejuaraan Nasional Selam Finswiming 2018 di Pantai Saw Miyen, Pelabuhan Tol Laut, Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan, resmi dimulai Jumat (16/11).

Kejurnas Selam yang diselenggarakan POSSI Papua Barat sebagai tuan rumah ini, mempertandingkan dua nomor lomba, yakni Nomor 3.000 dan 6.000 Meter.

Ketua Umum KONI Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, mengatakan Kejurnas Selam 2018 sekaligus menjadi ajang pembuktian bagi Papua Barat.

”Atlit selam Papua Barat bisa menjadikan ajang ini untuk mengukur kemampuan, sekaligus seleksi menuju PON Papua Tahun 2020 nanti di Jayapura,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan esensi yang baik karena mengandung unsur mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

Ketua KONI yang juga sebagai Gubernur Papua Barat, menambahkan Kejurnas ini juga menjadi wahana penyaluran bakat penyelam.

”Pesan saya, tetap junjung sportivitas. Dunia olahraga bisa membangun solidaritas dan kekompakan. Itu yang bisa kita petik,” bebernya sembari optimis Kejurnas ini mampu melahirkan bakat-bakat penyelam yang akan mengharumkan nama Papua Barat dan Indonesia.

"Sebagai generasi milenial khusus para penyelam agar terus menumbuhkembangkan kecintaan terhadap olahraga. Ini wadah karir untuk mencapai prestasi," paparnya.

Ketua POSSI Indonesia, Mayjen TNI Mar (Purn), Buyung Lalana, mengungkap Kejurnas sebagai ajangvmembentuk karakter diri terhadap olahraga selam.

”Ini ajang mencari bibit handal. Kecintaan akan olahraga selam kian meningkat dan saat yang tepat untuk membentuk karakter yang handal, " singkatnya.

Selain Ketua KONI Papua Barat dan Ketum POSSI Indonesia, Kejurnas Selam Finswiming 2018, juga dihadiri Ketua POSSI Papua Barat, Markus Waran dan sejumlah tamu undangan.

Kejurnas Selam 2018 diikuti 5 Pengda POSSI, diantarnya POSSI Papua Barat, POSSI Papua, POSSI Sulawesi utara, POSSI Lampung dan POSSI Sumatera Selatan.


Berita Terkait