SKK Migas : Ada Cekungan Migas di Papua Barat Belum Disentuh

Oleh Redaksi

21 November 2018 07:01 284 VIew

''Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua Maluku Rinto Pudyantoro ungkapkan masih ada cekungan Migas di Papua Barat yang belum pernah disentu. Manokwari, Rabu (21/11). ''

Manokwari, arfaknews.com - Potensi cadangan Minyak dan Gas (Migas) di Papua Barat sangat luar biasa. Dari banyaknya potensi tersebut, baru terdapat enam perusahaan Migas yang melakukan aktifitas produksi, sedangkan masih terdapat sejumlah cekungan Migas yang sama sekali belum disentuh oleh investor.

Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wilayah Papua-Maluku Rinto Pudyantoro, Rabu (21/11) menilai kegiatan produksi minyak dan gas bumi di wilayah Provinsi Papua Barat masih sangat kecil dan belum sebanding dengan potensi yang dimiliki.

Ia mengemukakan, saat ini masih ada cekukangan di Papua Barat yang belum pernah disentuh. Potensi ini akan sia-sia jika tidak dikelola.

Saat ini, kata Rinto, SKK Migas sedang gencar melaksanakan kampanye untuk mendorong peningkatan produksi Migas di Provinsi Papua Barat. Pihaknya menginginkan para investor menggarap potensi tersebut.

"Sedikit lagi Genting Oil juga beroperasi dan satu perusahaan di Maluku. Jadi potensi besar tapi kegiatanya masih minimalis," kata Rinto.

Menurutnya, bila sejumlah cekungan Migas di Papua Barat yang belum pernah disentuh itu dikelola secara secara baik, dapat mendukung kesejahteraan masyarakat di Papua Barat.

"Kalau potensi ini disadari lalu dioptinalkan pengelolaanya, Papua Barat akan lebih sejahtera melalui pemanfaatan sektor Migas," imbuhnya.

Data dihimpun arfaknews.com, terdapat 71 cekungan Migas di kawasan timur Indonesia dari 128 cekungan di Indonesia yang belum disentuh. dari 71 cekungan tersebut 40 cekungan belum pernah dilakukan survey seismic.

Editor : Rizaldy

Berita Terkait