AMPKU Desak Rektor Unipa Perbaiki Akreditasi Kampus

Oleh Charles Maniani

30 November 2018 07:01 213 VIew

''Puluhan Mahasiswa Dari Aliansi Mahaswa Peduli Kampus Unipa (AMPKU), Kamis (29/11), Menggelar Demo di Depan Pintu Masuk Universitas Papua, Manokwari. Foto : Charles Maniani | arfaknews.com''

Manokwari, arfaknews.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahaswa Peduli Kampus Unipa (AMPKU), Kamis (29/11), menggelar demo di depan pintu masuk Universitas Papua, Manokwari.

Beberapa tuntutan dari AMPKU ditujukan kepada Rektor Unipa, DR Jakob Manusaway, agar memperbaiki beberapa masalah di lungkungan kampus.

“Salah satunya Akreditasi kampus yang hingga kini belum diurus secara baik. Kami minta Rektor dan dekan setiap fakultas memperhatikan hal ini,” ujar salah satu mahasiswa.

Para mahasiswa ini juga menyebut banyak hal yang belum diperbaiki pihak kampus, justru menjadi ‘gudang masalah’ dan harus segera dibenahi.

Menurut AMPKU, masalah Akreditasi setiap fakultas sangat penting, karena akan berdampak saat lulusan Unipa mencari pekerjaan kelak.

Berdasarkan Keputusan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), nomor ijasah lulusan fakultas dan program studi yang sudah akreditasi, akan ditulis dan diterbitkan oleh Dikti.

Sementara maahasiswa dari fakultas dan program studi yang belum terakreditasi, terancam tidak diwisudahkan mulai Tahun 2019.

AMPKU juga mendesak Rektor untuk segera mengangkat dosen berstatus non-PNS menjadi PNS serta penambahan  fakultas dan program studi. Pasalnya, banyak kuota tenaga dosen pengajar yang belum terpenuhi.

Berita Terkait