BPDAS LH Mendapat 1.000 Bibit Unggul dari Komisi IV DPR RI

Oleh James Aisoki

30 November 2018 07:01 510 VIew

''Bibit unggul yang diserahkan Komisi IV DPR RI ke BPDAS LH ''

BPDAS LH Mendapat 1.000 Bibit Unggul dari Komisi IV DPR RI

Manokwari arfaknews –  Guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Papua Barat dalam hal pertanian, terutama soal bibit unggul tanaman varitas perkebunan, Balai Pengelolahan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menerima 1.000 bibit unggul untuk perkebunan dari komisi IV DPR RI.

Penanggung Jawab Bibit Produktif BPDAS LH Manokwari, Andi Munawir mengungkap, pihakanya telah menyiapkan 48.000 bibit secara bervariasi, diantaranya tanaman Mangga, Nangka, Rambutan, Durian, Sirsak, Jambu Biji, Jambu Air dan sebagainya,

Sementara ada 9 Jenis Bibit Tanaman Perkebunan bakal disubsidikan ke masyarakat guna meningkat perekonomian masyarakat melalui tanaman perkebunan.

kalau ada masyarakat membutuhkan bibit unggul untuk perkebunan,agar mendatangi Kantor BPDAS LH, tinggal menyiapkan administrasi untuk di isi sesuai prosedur, berupa surat permohonan, lokasi tanam, dan lain-lain. Kata Andi Munawir. kamis (29/11).

Dijelaskan, kaitannya dengan 1000 bibit diberikan ini, merupakan salah satu aspirasi dari DPR RI Komisi IV , sudah lama disediakan namun hari ini barui diserahkan.

 Aspirasi dari Anggota DPR RI komis IV ini ke BPDAS LH untuk disiapkan ribuan tumbuhan tananaman pangan produktif,  bakal diberikan ke masyarakat di Papua Barat Sesuai aspirasinya, ada sekitar 1.000 jenis Bibit unggulan Mangga, sedangkan ada sekian ratus varitas bibit lain telah tersedia.

 

Ketua Tim Aspirasi Anggota DPR RI dari komisi IV asal Papua Barat, Micael Watimena, menjelaskan pihaknya baru mengambil bibit unggul saat ini, sebab terlebih dulu dilakukan servey ke masyarakat yang hendak menerima Bibit tersebut.

Sebelumnya pihaknya telah melakukan survey ke warga yang hendak menerima bibit ini, untuk di serahkan.

Hari ini 1.000 Bibit Tanaman Produktif jenis mangga, akan di bagikan ke 8 kelompok Masyarakat tersebar di Manokwari yakni di SP 2, Amban, Arowi I, II dan sebagainya. Dimana masing-masing kelompok tani mendapat 120 bibut unggulan, dimana bibit unggul ini akan berbuah tiga tahun ketika ditanam.

Melalui pembagian bibit ini diharapkan dapat ditanam dan dikelolah dengan baik sehingga memberikan hasil bagi demi meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu bibit unggul ini akan memberikan penghijauan bagi lingkungan.

Berita Terkait