Sebarkan Selebaran Berhadiah Bodong, Dua Pemuda Pinrang Ditangkap di Manokwari

Oleh Redaksi

28 December 2018 07:01 340 VIew

''Dua Tersangka Penyebar Selebaran Berhadiah Bodong Saat Berada di Polres Manokwari, Jumat (28/12).''

Manokwari, arfaknews.com – Polres Manokwari menangkap dua pria, penyebar selebaran berhadiah bodong yang beraksi di Distrik Masni, Manokwari.

Kedua tersangka, R (23) dan S (26) asal Pinrang, Sulawesi Selatan ini, dengan sengaja menyebar selebaran berhadi Jutaan Rupiah dari PT.Ultra Jaya, di jalan. Tujuannya, membuat masyarakat tertarik dan menghubungi nomor telepon yang tertera di selebaran tersebut.

“Untuk menarik perhatian masyarakat, kupon ini tertera beberapa logo stasiun TV Nasional seperti TV One, SCTV, Indosiar, Indosat dan Telkomsel. Bahkan ada Foto Dirlantas Polda Metro Jaya dan Humas PT.Ultra Jaya. Iming-iming hadiah mobil, lengkap dengan STNK dan BPKB,” ujar Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi, Jumat (28/12) di Polres Manokwari.

Kedua pria ini ditangkap saat beraksi di Distrik Masni. Masyarakat yang curiga dengan penyebaran selebaran berhadiah di jalan ini, lantas melapor Polsek Masni. Tak lama, keduanya pun tak berkutik saat ditangkap.

“Keduanya hanya kaki tangan dari jaringan di Sulaesi Selatan. Tim Serse Polres Manokwari masih melacak dan mencari keberadaan operator teleponya di sana,” terang Kapolres.

Selain modus ini, ada pula modus menyebarkan dokumen penting seperti ijasah, yang mana di dalamnya diselipkan cek ratusan bahkan milyaran rupiah. Ada pula modus lain yang dilakukan dengan cara mencatut nama pejabat seperti Kapolres dan pejabat pemerintah daerah.

“Saya harap masyarakat tetap waspada terhadap modus-modus seperti ini. Mereka ini jaringan yang sering melakukan penipuan via telepon,” bebernya.

Ia berharap masyarakat Manokwari peka dan segera melapor ke polsek atau pos polisi terdekat, jika menemukan selebaran atau kupon berhadiah, bahkan dokumen yang berisi cek.

Tersangka S, kepada wartawan, mengaku baru tiga hari di Manokwari bersama rekannya. Keduanya diberi Rp.5 Juta, sebagai bayaran untuk beraksi menyebar kupon berhadiah.

“Saya baru satu kali melakukan ini dan ditangkap. Sebelumnya, saya petani di Pinrang. Kami berdua beraksi di Masni, sesuai perintah dari Sulsel,” akunya.

Setibanya dari Makassar, keduanya mengingap di salah satu hotel di Manokwari, sambil menjalankan tugas menyebarkan selebaran berhadiah. Tak tanggung-tanggung, ada 4.000 kupon, tiga ribu diantaranya sudah disebar sebelum tertangkap.

“Kupon ini kita ambil saat sudah berada di Manokwari. dibuat dan dikirim, kita ambil di jasa pengiriman JNE di Manokwari,” papar tersangka S.

Kini kedua tersangka masih diamankan di Polres Manokwari, sambil menunggu kelengkapan berkas perkara sebelum dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Manokwari, guna proses hukum selanjutnya.

 

 

 

 

 

Berita Terkait