Kapolda Papua Barat “ Berani Gunakan DIPA Fiktif di Proses Hukum”

Oleh Putra

05 January 2019 07:01 803 VIew

''Kapolda Papua Barat, bersama jajarannya melaksanakan foto bersama usai memperoleh DIPA tahun 2019''

Manokwari – Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Rudolft Alberth Rodja, menegaskan ke jajaranya dan Satker pengelola anggaran dalam kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Polri T.A. 2019, akan memproses hukum jika menggunakan DIPa secara fiktif.

Hal ini dilontarkan kapolda Papua Barat, ketika memberikan sambutan pada penyerahan DIPA Tahun 2019 dan Penandatanganan fakta Integritas, pada Satuan Kerja (Satker) Jajaran Polda Papua Barat, di sebuah hotel di Manokwari, Jumat (04/01).

Alokasi anggaran tahun 2019, dikelola Polda Papua Barat sebesar  Rp.732.462.323.000, mengalami kenaikan di tahun seblumnya senilai Rp 72.350.704.000  di Tahun Anggaran 2018 sebesar RP.689.583.439.000.

Sebagai pejabat publik, Polri mengemban tugas melaksanakan anggaran negara yang dipertanggungjawabkan ke Polri sendiri dengan laksanakan amanah ini dengan penuh rasa tanggung jawab agar sasaran prioritas Polri tahun 2019 dapat tercapai, kata Rudolft.

Menurutnya, dokumen pelaksanaan anggaran yang digunakan oleh pengguna anggaran atau Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk melaksanakan kegiatan pemerintahan sebagai bentuk pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Setelah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara, DIPA berlaku sebagai dasar pengeluaran/belanja Negara, dimana belanja negara tidak boleh dilaksanakan jika alokasi dananya tidak tersedia atau tidak cukup tersedia dalam DIPA. Sehingga alokasi dana yang tertuang dalam DIPA merupakan batas tertinggi pengeluaran negara. ungkapnya.

Dalam pernyerahan DIPA, kapolda harapkan agar semua satkernya dapat memperguanakan anggaran dengan sebaik mungkin, Jika ada kelebihan anggaran agar di kembalilan ke Negara, di ingatkan pula jangan ada penggunaan anggaran secara fiktif, sebab dirinya bakal memproses hukum, cetusnya.

Berita Terkait