Ketua Fraksi Otsus Menduga Ada Sponsor Dibalik Penolakan Raperdasus

Oleh Redaksi

13 January 2019 17:10 1340 VIew

''Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, Yan A. Yoteni''

Manokwari, arfaknews.com –  Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, Yan A. Yoteni, menegaskan penyerahan dan pengembalian 7 Raperdasus, sudah dilakukan melalui rapat Paripurna DPR.

Belakangan, muncul informasi yang menyebutkan MRP Papua Barat menolak satu dari 7 Raperdasus, yakni Raperdasus Kedudukan Fraksi Otsus jalur pengangkatan DPR Papua Barat.

Yoteni pun mengibaratkan penolakan tersebut sebagai keterlambatan kapal, meski sudah memegang tiket di tangan. Pasalnya, kapal saat ini sedang berlayar menuju pelabuhan terakhir, yakni penetapan Raperdasus.

“Ibaratnya, anda pegang tiket kapal tetapi terlambat, karena kapal sudah berlayar menuju pelabuhan terakhir, yaitu penetapan Raperdasus,”paparnya kepada wartawan di Manokwari, Sabtu (12/1).

Didirnya pun menegaskan penolakan itu diabaikan DPR melalui Fraksi Otsus. Salah satu alasannya, tidak ada surat secara resmi yang diterima serta penolakan itu juga bukan merupakan kewenangan MRP Papua Barat.

“Apa yang kami (Fraksi Otsus) perjuangkan sudah jelas. Kami perjuangkan agar Gubernur/Wagub dijabat OAP, MRP juga hadir di Papua Barat, dalam hal keberpihakan. Jika kami tidak perjuangkan Perdasus-nya, mungkin 42 orang di MRP PB ini tidak ada hari ini,” tegasnya.

“Semua hadir untuk memperjuangkan kepentingan daerah, baik kami dan MRP Papua Barat. Hanya saja, jangan buat air kabur di daerah ini, contohnya penolakan ini. Saya menduga ada sponsor dibelakangnya,” papar Yoteni.

Kembali ke penolakan satu dari 7 Raperdasus, ia menyebut tugas MRP Papua Barat untuk memberi pertimbangan dan persetujuan sudah usai, karena DPR tengah menjadwalkan rencana penetapan 7 Raperdasus ini.

“Pembangunan di Papua Barat terus berjalan dengan 3 pilar kekhususan, yakni unsur pemerintahan dengan Gubernur dan Wagub OAP, Fraksi Otsus dan MRP Papua Barat,” pesannya sembari menambahkan penetapan 7 Raperdasus akan dilakukan dalam waktu dekat.

 

 


Berita Terkait