Teluk Wondama Memiliki Penderita Kusta Tertinggi Di Papua Barat

Oleh Jams Aisoki

28 January 2019 07:01 636 VIew

''Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan''

Manokwari arfaknews.com - Setelah Negara India dan Brasil, Indonesia menempati urutan ke tiga memeliki penderita Kusta di dunia. Secara Khusus di Papua Barat, tahun 2018 ditemukan 640 Kasus penderita penyakit kusta, dimana daerah Teluk Wondama paling tertinggi penderitanya dibandingkan Kabupaten lainnya di Papua Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorrongan, mengatakan dari 640 Kasus di Papua Barat Kabupaten Teluk Wondama terbanyak dengan jumlah kasus penderita enyakit kusta sebanya 56 Kasus.

Di Papua Barat sendiri, ditemukan 640 Kasus Kusta baru dengan privalensi 17,6 per 10.000 kasus atau dari 10.000 penduduk ditemukan 18 orang penderita Kusta yang tersebar di Papua Barat.  Dari data yang ada, Kasus tertinggi terjadi di  Kabupaten Teluk Wondama sebanyak 56 penderita, disusul Manokwari sebanyak 24 Kasus dan Kota Sorong sebanyak 18 Kasus. Ungkap Parorongan dalam Realis diterima awak media ini, Senin (28/01).

Dijelaskan salah satu penyebab tingginya kasus di tiga kabupaten ini adalah keaktifan petugas dalam mengungkap kasus di lapangan, sehingga banyak kasus baru ditemukan.

Dirinya berharap, melalui  Hari Kusta Se-dunia (Leprosy Day) jatuh pada Minggu 27 Januari 2018, dimana dalam  melakukan  kampanye Stop Diskriminasi dan lakukan pencegahan dini dari gejala Penyakit Kusta di Provinsi Papua Barat, agar masyarakat turut serta mendukung gerakan terpadu dengan memberikan informasi mengenai penyakit kusta terhadap masyarakat, terutama didaerah endemik.

Menurutnya, hal ini merupakan langkah dalam mendorong para penderita untuk mau memerikasa diri dan mendapatkan pengobatan.

Berita Terkait