‘Perang’ 3 Arah, 1 Prajurit TNI Terluka di Mapenduma

Oleh Redaksi

31 January 2019 07:01 301 VIew

''Ilustrasi Penembakan ''

Jayapura, arfaknews.com – Kontak senjata antara Satgas TNI dan Kelompok Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali terjadi di Mapenduma, Kamis (31/1) pukul 08.55 WIT.

Patroli rutin Satgas TNI diserang KKSB yang diduga pimpinan Egianus Kogoya, dari ketinggian, kiri dan kanan (3 arah). Akibatnya, tembak-menembak pun tak terhindarkan.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, mengatakan tim patroli TNI kemudian mendapat bantuan personil dari pos penjagaan dan berhasil memukul mundur KKSB.  Namun satu prajurit, Prada Laode Majid, terkena tembak di bagian bahu kanan

“Dari laporan anggota di lapangan, Prada Laode terkena tembakan pertama yang mungkin sudah disiapkan KKSB. Mereka sudah membidik dan menunggu kedatangan patroli TNI,” ujarnya melalui rilis yang diterima redaksi arfaknews.com.

Menurut laporan, tim patroli TNI kemudian melakukan pengejaran dan menemukan bercak darah. Meski demikian, belum bisa dipastikan apakah terdapat korban dari pihak KKSB atau tidak.

“Korban Prada Laode akan segera dievakuasi ke Timika menggunakan Helly. Dari laporan, kondisinya stabil dan telah mendapatkan pertolongan dari Tim kesehatan di Mapenduma,” ungkapnya.

Meski kondisi Mapenduma saat ini kondusif , Satgas TNI tetap meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi serangan-serangan yang terjadi sebelumnya.

Mapenduma merupakan markas KKSB pimpinan Egianus Kogoya, pelaku pembantaian terhadap puluhan karyawan PT. Istaka Karya yang membangun jembatan di Yigi, Nduga, tanggal 2 Desember 2018 lalu.

“Saat ini Mapenduma sudah dikuasai oleh pasukan TNI, sehingga ruang gerak KKSB khususnya wilayah Nduga semakin sempit,” pungkasnya.

 

Berita Terkait