Harga Ikan Naik di Pasaran, Lantaran Nelayan Masih Gunakan Cara Tradisional

Oleh Jams Aisoki

11 February 2019 07:01 1096 VIew

''Pedagang jajakan ikan di dalam pasar ikan di kota Manokwari''

Manokwari arfaknews - Harga ikan di pasaran melonjak tinggi di Kota Manokwari, lantaran nelayan masih menggunakan cara lama yakni tradisonal dalam melakukan penangkapan ikan di laut.

Hal itu dilontarkan salah satu nelayan Borbodur, La Hada, ketika di temui arfaknews, Minggu (10/2), mengatakan kenaikan harga ikan di manokwari, bukan di pengaruhi oleh faktor cuaca, melainkan nelayan masih menggunakan cara lama (tardisional ) dalam menangkap ikan di laut.

Tekhnik penangkapan secara tardisional di lakukan nelayan, membuat hasil tangkapannya tidak lebih dari 1 ton. Jelasnya

Untuk harga ikan cakalang misalnya berukuran besar hingga sedang dihargai 300-500 ribu per ekor, sedangkan untuk ikan Cakalan ukuran kecil barada dikisaran harga. Rp 50,000 - 70.000,

Dikatakan pula, Berbeda dengan dua Tahun lalu,  dimana harga Ikan di Pasaran Manokwari,  terutam di Pasar Ikan Sanggeng,  maupun Pasar Ikan terletak di kompleks Borobudur Manokwari, harganya masih dapat dijangkau masyarakat, diman harganya masih relatif murah, pembeli hanya mengeluarkan dana Rp. 20.000 Rupiah, sudah dapat membawa ikan 11 ekor, ungkapnya  

Saat ini harga ikan susaah kembali normal, hal ini pula dengan adanya pertambahan penduduk kian bertambah, sejalan dengan permintaan ikan cukup banyak, sedangkan suplai ikan dari nelayan berkurang lantaran masih menggunakan cara lama menangkap ikan.

Berita Terkait