Angka Fantastis HIV AIDS Di Manokwari, Dinkes Imbau Warga Lakukan Screening

Oleh Ical

12 February 2019 07:01 616 VIew

''Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Johan K. Papare, AMK''

Manokwari, arfaknews.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari mencatat angka kasus HIV AIDS di Manokwari sesuai akumulasi data tahun 2002 hingga Oktober 2018 sebanyak 1797 kasus HIV dan AIDS.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Johan Papare, Senin (11/2/2019) mengatakan, jumlah angka kasus HIV dan AIDS tersebut setiap bulan mengalami peningkatan dimana pada bulan Oktober 2018 tercatat sebanyak 38 kasus HIV dan AIDS sebanyak 80 kasus .

''Untuk kasus HIV dari 2002 hingga Oktober 2018 sebanyak 754 kasus sedangkan AIDS sebanyak 1052 kasus. Itu angka kumulatif dari tahub ke tahun,'' kata Johan kepada arfaknews.com di ruang kerjanya.

Johan mengibaratkan kasus HIV AIDS bagaikan fenomena gunung es di lautan, dimana yang nampak di permukaan hanya sebagian kecil, sementara bagian terbesarnya tidak tampak.

''Artinya, bila kita menggali lebih dalam atau melakukan screening total kasus HIV AIDS di Manokwari, maka kita dapat menggunakan estimasi berdasarkan hasil survey biologis pada tahun 2006 sebanyak 2,4 persen dan tahun 2013 sebanyak 2,3 persen,'' tutur Johan.

Berdasarkan hasil survey tersebut, lanjut Johan masih terdapat sekitar 5400 orang lebih yang harus dilakukan screening. screening dimaksud untuk memberikan angka pasti penemuan kasus HIV dan AIDS di Manokwari.

''Karena dari satu kasus yang kita temukan, masih ada 100 yang harus kita temui. sehingga dibutuhkan akselerasi program untuk mengaktifkan semua unit pelayanan primer sebagai ujung tombak diseluruh Puskesmas maupun Rumah Sakit,'' Imbuhnya.

Menurutnya, mestinya setiap pengunjung atau pasien yang mengunjungi Puskesmas maupun Rumah Sakit, baik dalam kondisi sehat maupun kondisi tertentu dapat ditawari untuk dilakukan screening menyeluruh.

''Jadi mestinya rata-rata penemuan kasus HIV AIDS dari tes screening untuk Kabupaten Manokwari sebanyak 11000 kasus atau rata-rata terendah penemuan kasus dalam setahun sebanyak 6000, namun nyatanya dalam setahun hanya terdapat 3000 hingga 4000 orang yang melakukan tes screening,'' tandasnya.

Berita Terkait