Maret 2019 Diharapkan, Ijin Operasional RS Bhayangkara Loudwic Mandacan Diterbitkan

Oleh Ical

12 February 2019 07:01 655 VIew

''Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Loudwic Mandacan Kompol dr Eko Yunianto,Sp.F,. MH.Kes''

Manokwari, arfaknews.com - Sejak diresmikannya Rumah Sakit Bhayangkara Loudwic Mandacan milik Polda Papua Barat oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pada Mei 2018 lalu, hingga kini Rumah Sakit yang dibangun di selatan Kabupaten Manokwari itu beroperasi menggunakan ijin operasional sementara yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari.

Meskipun hanya mengantongi ijin operasional sementara yang diterbitkan pada bulan Mei 2018 dan bulan November 2018 dengan masa berlaku enam bulan, Rumah Sakit Bhayangkara tetap membuka praktek pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan rata-rata pasien yang dilayani sebanyak 60 orang perbulan.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Loudwic Mandacan Kompol dr Eko Yunianto,Sp.F,. MH.Kes mengutarakan, upaya dan langkah-langkah pengurusan ijin operasional Rumah Sakit telah dilakukan sejak 15 Januari 2019 melalui surat yang ditujukan kepada Bupati Manokwari.

Eko mengatakan, surat permohonan ijin operasional tersebut juga ditembuskan kepada Dinas Kesehatan, sedangkan penerbitan ijin operasional dilakukan oleh dinas Perijinan Terpadu Satu Pintu berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari.

''Kita sudah bersurat kepada PTSP pada tanggal, 28 Januari 2019 lalu, namun untuk menerbitkan ijin dimaksud, kami harus memenuhi semua persyaratan perijinan diantaranya adalah kajian visitasi rumah sakit yang dilakukan oleh Tim Visitasi yang dibentuk oleh Bupati,'' kata Eko, di ruang kerjanya Senin, (11/2/2019).

Ia menyatakan telah melengkapi sebagian persyaratan penerbitan ijin operasional dan telah diserahkan kepada Dinas PTSP. Namun Ia mengakui masih terdapat kekurangan yang harus segera dilengkapi.

''Kita berharap, dalam waktu satu dua hari ini sudah dilengkapi, sehingga awal bulan Maret 2019 kita sudah bisa mengantongi ijin operasionalnya,'' tandasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Manokwari Marthen L Rantetampang saat dikonfirmasi arfaknews.com menyatakan, tidak mengetahui secara pasti apakah surat permohonan ijin operasional yang diajukan Rumah Sakit Bhayangkara Loudwic Mandacan kepada Bupati sudah diterima oleh dinasnya atau belum.

''Saya tidak tahu pasti apakah (Surat Permohonan Ijin Operasional. Red) sudah diterima atau belum, karena saya hanya menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas. tapi saya akan konfirmasi ke Bidang Layanan Kesehatan yang mengurus perijinan Rumah Sakit,'' kata Marthen, Senin (11/2/2019) di ruang kerjanya.

Meskipun tidak mengetahui pasti terkait surat tersebut, namun Ia mengakui pernah mendengar ihwal surat tersebut dari kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari.

''Pernah saya dengar dari teman di Yankes, akan dibentuk tim Visitasi. Mungkin ada kaitannya dengan uji visitasi Rumah Sakit Polda Papua Barat. kalau sudah ada disposisi dari pak Bupati, kemungkinan sudah ditindaklanjuti, surat permohonan itu memang harus ditindaklanjuti oleh dinas,'' pungkasnya.

Berita Terkait