Nelayan Papua Barat Perlu Bimbingan Teknik Pancing Semi Modern

Oleh Jams Aisoki

16 February 2019 07:01 1403 VIew

''Ketua kelompok Nelayan Naga Mas Borobudur, La Hada''

Manokwari arfaknews.com - Untuk meningkatkan hasil Produksi Nelayan sehingga kehidupan nelayan dapat meningkat, diharapkan adanya program dan dukungan untuk mendapatkan teknik metode mancing tradisional ke metode semi modern.

Ketua Kelompok Nelayan Naga Mas Borobudur, La Hada, Rabu (13/2) menjelaskan diperlukan terobosan baru bagi nelayan untuk berkenalan dengan teknik semi modern dalam menangkap Ikan agar dapat menjawab  permintaan masyarakat soal ikan.

Para Nelayan perlu diperkenalkan dengan Teknik dan Sarana Semi modern, seperti penggunaan Jaring Purse Seine mini atau lebih besar, serta teknik pancing long line, dimana teknik ini sudah tergolong cukup maju, namun di sisi lain, nelayan di papua barat kususnya manokwari, masih tetap menggunakan cara tradisional dalam menagkap ikan di laut, sehingga hasi yang mereka peroleh belum maksimal dan tidak mampu menjawab permintaan Pasar ikan di Manokwari". Ujarnya.

Menurut La Hada, "Selama ini nelayan masih menggunakan Armada kecil seperti Perahu, Motor tempel, pukat dan teknik mancing tradisional, sehingga nelayan hanya mampu beroperasi di Pinggiran Pantai, berkisar diantara 1-5 Mil, kalau melam[auai diatas 5 Mil sudah mampu , terkecuali nelayan menggunakan armada kapal besar, berupa penggunaan Kapal 10 GT atau 30 GT barulah para nelayan bisa mencapai 10 Mil keatas". Tuturnya

Untuk mendapatkan segala bentuka Sarana Prasarana Semi Modern di butuhkan nelayan harus mengorek kocek  sedalam Rp 500 Juta, guna membenuhi kebutuhan tersebut.

Dibutuhkan dukungan penuh dari Pemerintah baik dari pemerintah Provinsi maupun Kabupaten, guna membantu nelayan untuk memenuhi kebutuhan ikan bagi warga masyarakat, terserah bentuka bantuannay dari pemerintah seperti apa, apakah bantuan itu melalui hibah atau nelayan di beri kemudahan dalam meperoleh kredit di bank, Karena untuk mendapatkan peralatan mancing semi modern, modalnya tidak sedikit bisa capai 500 juta atau hingga sampai 1 milyar.

Pemerintah dapat serius dalam menghadapai persoalan dihadapi para nelayan, sehingga peningkatan hasil tangkapan nelayan dapat menghasilkan hasil tangkapan diatas 1 Ton.

Sudah saatnya Para Nelayan diperkenalkan dengan teknik Mancing Semi Modern, namun jika tidak maka Pasar ikan di Manokwari bakal selalu kekurangan Stok ikan dan sewaktu waktu iakn bisa didatangkan dari daerah lain. Membuat harga ikan melambung tinggi, jelasnya.

Berita Terkait