KPU Manokwari Temukan Ratusan Kertas Suara Rusak

Oleh Redaksi

08 March 2019 07:01 64 VIew

''Kertas Suara Rusak''

Manokwari arfaknews - Sebanyak 739.000 kertas suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPR Propinsi dan DPR kabupaten, dalam proses pelipatan dikantor KPU Manokwari, telah ditemukan ratusan kertas suara rusak, Jumat (8/3).   

Kebanyakan kertas suara ditemukan rusak oleh KPU Manokwari, dari para pekerja pelipat kertas suara, kerusakannya akibat di noda tinta warna dan sobek.

Kertas suara ditemukan rusak KPU Manokwari melalui pekerja pelipat kertas suara ini, pada umumnya ditemukan saat mereka melakukan penyortiran sebelum kertas suara tersebut di lipat.

Pada umumnya kertas suara yang rusak ini, akibat noda tinta warna hitam dan warna kuning, diman noda tinta warna hitam ini pas berada di nama caleg, sehingga KPU menganggap kertas suara tersebut rusak, sehingga nantinya perlu diganti.

Untuk mengganti kertas suara yang rusak ini, diakhir pelipatan kertas akan di buatkan berita acara, guna dilakukan pergantian pada percetakan yang melakukan pencetakan kertas suara.

Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe mengatkan, selama dua proses pelipatan kertas suara, sampai 15 hari kedepan, akan melakukan evaluasi terkait kertas suara di temukan rusak, dimana kertas suara rusak ini akan dilaporkan ke Bawaslu dan KPU propinsi, ungkapnya

Selain kertas suara dilakukan penyortiran, KPU Manokwari juga akan melakukan penyortiran terhadap formulir yang akan di gunakan nanti saat pencoblosan nanti, terangnya.

Dalam pelipatan kertas suara dilakukan warga di kantor KPU dengan pengawasan ketat aparat kepolisian, dimana telah di temukan sebanyak dua ratus kertas suara rusak, dimana kerusakannya itu berupa sobek dan ditemukan bercak tinta, namun jumlah kertas suara rusak ini akan diketahui apakah bakal bertambah setelah pelipatan kertas suara telah usai. Jelasnya. 

Berita Terkait