Perbaikan Formulir Surat Suara Di Manokwari, Sempat Diwarnai Kericuhan

Oleh Jams Aisoki

20 April 2019 07:01 762 VIew

''Suasana kericuhan terjadi saat lampu PLN padam,''

Manokwari arfaknews – Aktifitas Perbaikan Formulir Surat Suara, dari sejumlah TPS di Distrik Manokwari Barat, berlangsung di gedung wanita,terletak di jalan Percetakan, Manokwari, Papua barat, Jumat (19/4) didni hari, sempat diwarnai kericuhan.

Kericuhan terjadi ketika, tiba tiba aliran listrik PLN padam, disaat para petugas KPPS sedang memperbaiki formulir surat suara, sehingga menimbulkan kecurigaan dari para saksi timsukses dan pasangan Calon Legilatif serta Partai Politik.

Mereka pun menduga lampu PLN padam adanya unsur kesengajaan, sehingga mereka meminta warga yang ada di dalam lokasi penampungan kotak suara diminta untuk keluar dari dalam gedung wanita.

Salah satu tim sukses pasangan Caleg, meminta agar ruang utama penampung Kotak Suara untuk segera dikosongkan dan Aktivitas perbaikan pengisian berkas surat suara, agar dilakukan di ruang sebelah nyakni ruang VIP gedung Wanita dan membiarkan Ruang utama didalam gedung wanita ditempati sebagai Penampungan Kotak Suara agar Kosongkan.

Akibatanya keicuhan tersebut, Sejumlah saksipun dipaksa keluar oleh petugas keamanan yang bertugas, sambil mengeceka ID carda saksi caleg maupuan partai politik

Ketua PPD Distrik Manokwari Barat, Edi Manao, menjelaskan kericuhan itu hanya berkembanganya opini saat petugas sedang Perbaikan Formulir Surat Suara, untuk dei plenokan nanti

Dikatakan pula, Aktifitas Perbaikan Formulir Surat Suara sudah hamper rampung, namuan adanya gangguan lampu PLN padam sehingga mala mini belum bisa rampungkan, kemungkinan rekapitulasi penghitungan suara baru akan rampung esok hari, Kata Edi.

Dikatakan pula, ada 5 kotak suara dari TPS belum sempat masuk, sehingga dilakukan  penjemput paksa, penjemputan paksa dilakukan ini agar mereka tidak melakukan aktivitas di TPS, melainkan di gedunag wanita dimana lokasi ini sudah ditetapkan sebagai lokasi tempat rekapitulasi penghitungan suara, dimana saat ini petugas dari KPPS  mengalami penundaan akibat lampu padam masih melaksanakan tugasnya, tegasnya

Rencana besok pihaknya baru akan melakukan pleno, diharapka proses rekapitulasi di sejumlah TPS belum selesai, agar diselesaikan malam Ini, tegasnya.

Sedangkan sejumlah TPS belum selesai rekapitulasinya yakni, TPS 26 kelurahan Amban, TPS 13 dan 15 kelurahan Sanggeng, TPS 25 Kelurahan dan TPS 25 Kelurahan Manokwari Timur, hal itu membuat petugas terpksa menjemput paksa kota suara tersebut,  . Jelasnya.

Suasana pun kembali tenang  setelah petugas keamanan dari TNI-Polri  bertugas menjaga kotak suara, memberikan poenjelasan sehingga  suasana pun kembali tenang.

Berita Terkait