Persiapan Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Distrik Di Manokwari Diwarnai Kericuhan

Oleh Jams Aisoki

20 April 2019 07:01 1832 VIew

''Suasana kericuhan berlangsung di gedung wanita, ''

Manokwari arfaknews - Persiapan pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara dari sejumlah TPS di Distrik Manokwari Barat, Sabtu (20/4) berlangsung di gedung wanita, jalan percetakan, Manokwari, diwarnai kericuhan. 

Kericuhan terjadi ketika Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, Selaku Ketua DPC Partai PDIP Perjuangan Manokwari, datang ke gedunag wanita, tempat dilaksanakannya rekapitulsi penghitungan suara untuk Distrik Manokwari Barat, menggunakan mobil yang masih tertempel Caleg Propinsi dari Partai PDIP nomor urut 4 atas nama Irma Purnama Sari.

Sejumlah caleg maupun tim sukses, lalu melayangkan protes ke Bupati lantaran menggunakan mobil yang masih terdapat stiker Caleg PDIP nomor urut 4, dimana caleg tersebut ternyata merupakan istri dari bupati itu sendiri.

Meski kehadirannya sebagai Ketua DPC PDIP Manokwari, namun warga yang ada di lokasi tempat akan dilaksanakannya rekapitulasi penghitungan suara, melayangkan protes keras, sehingga menimbulkan ke ricuhan dan kegaduhan.

Kemarahan warga, lalu mengotori mobil warna merah dengan kotoran pinang, serta melempari mobil tersebut dengan botol air mineral.

Bahkan mobil yang dikendarai Buapti Manokwari nyaris dirusak warga, namun sejumlah aparat kepolisian dan TNI berjaga di lokasi tempat rakapitulasi penghitungan suara, mengahalangi warga yang sudah emosi untuk melakukan aksinya.

Warga pun meminta Bupati Manokwari meninggalkan lokasi tempat pelaksanan rekapitulasi penghitunagan suara yang akan berlangsung, meski demikain bupati sudah akan meninggalkan lokasi tempat perhitungan suara, namun salah satu ibu sempat lagi melayangkan lempara botol air mineral ke arah mobil dan memukul belakang mobil, namun aparat pun lalu mengamankan ibu tersebut.

Akibat kejadian ini, Bawaslu Manokwari, lalu menunda pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara ke pukul 15.00 Wit, dimana rencana awal akan dilaksanakan pada pukul 10.00 Wit, sementara DPT untuk distrik Manokwari Barat sebanyak 78.939 dengan jumlah tps sebanyk 696 TPS.

Berita Terkait