Perayaan Puncak Paskah Dengan Pawai Obor

Oleh Charles Maniani

21 April 2019 07:01 214 VIew

''Antusias warga dalam merayakan puncak Paskah dengan menggelar kegiatan pawai obor''

Manokwari arfaknews.com – Puncak Perayaan Paskah bagi umat Kristiani di Manokwari, Minggu (21/4) pagi, melakukan perayaan paskah dengan melakukan pawai obor disepanjang jalan dalam menyongsong fajar Paskah.

Pawai obor menyambut Fajar Paskah, dilaksanakan pukul 3.30 Wit, dimana ratusan warga dari berbagai denominasi gereja, turun ke jalan dalam iring-iringan obor paskah.

Mereka menelusuri jalan di kota Manokwari, sambil memuji Tuhan dan bersukacita dengan lagu-lagu rohani berbahasa daerah pertanda menyambut hari raya Paskah.

Berdasarkan Pantauan Arfanews.con saat pelaksanaan pawai obor berlangsung, pawai obor ini tidak hanya di ikuti para orang tua, namun sejumlah anak berasal dari anak Sekolah Minggu, ikut serta dalam pawai obor, dimana pawai obor ini merupakan tradisi dalam merayakan paskah sejak beberapa tahun silam dan terus dipertahankan hingga saat ini.

Salah satu peserta pawai obor merayakan paskah, Monika Rumainum, mengatakan dirinya salah satu pemudi GKI Elim Kwawi, kegiatan Pawai obor dalam menyambut fajar Paskah dilaksanakan sejumlah gereja, mereka melakukan pawai obor sambil jalan bersama-sama, namun finish di gereja masing-masing, ujarnya.

Sejumlah denominasi gereja menggelar pawai obor diantaranya, gereja GKI Angkasa Mulyono, GKI Elim Kwawi, GKI Manyosi Wirsi dan GKI Maranata Kota, termasuk beberapa gereja lain di Manokwari, selain itu dilanjutkan dengan tradisi mencari telur Paskah untuk anak-anak di masing-masing gereja.

Sangat disayangkan pawai obor dalam merayakan paskah, digelar tidak teratur. lantaran rombongan pawai obor dari para gereja tidak bersatu alias terpisah mulai dari start hingga finish.

Meski demikian, warga sangat antusias untuk menyambut fajar Paskah. terbukti warga pun memenuhi jalan di beberapa lokasi dekat wilayah gerejanya.

Diharapkan di tahun mendatang, panitia pawai obor Paskah diakomodir tingkat Klasis agar kedepannya pawai obor ini lebih terorganisir, semua peserta berkumpul dalam satu tempat dan dilepas secara bersama demikian pula saat finish harus bersama-sama sehingga tidak terpisah-pisah.

 

Berita Terkait