Penemuan Sebuah Bom Aktif Gegerkan Warga

Oleh Jams Aisoki

26 April 2019 22:10 2845 VIew

''Tim Gegana Polda Papua Barat sedang membawa Bom berjenis Mortir ke Mobil polisi''

Manokwari arfaknews - Warga jalan merdeka di Manokwari, Papua Barat, digegerkan dengan penemuan sebuah bom aktif peninggalan perang dunia ke dua jenis mortir, ditemukan warga di tembok kantor RRI Pro dua Manokwari, Jumat (26/4)

Warga sekitar kantor RRI Pro Dua, maupun pengendara motor sedang melintas, langsung memadati lokasi penemuan bom aktif peninggalan perang dunia ke dua jenis mortar, sehingga aparat kepolisian dari Polres Manokwari yang sudah tiba di lokasi penemuan Bom ini, lalu memasang garis police line, guna menghindari hal yang tidak di inginkan.

Sementara bom jenis mortir ditemukan warga ini, sudah dalam kondisi berkarat dan di penuhi tanah yang sudah berwarna kuning akibat karatan.

Penemu bom jenis mortir di tembok pagar kantor RRI Pro dua manokwari, Amsal S Wakum mengatakan sekitar pukul 16.00 WIT, saat itu istrinya mau jualan pinang di pinggir jalan, namun melihat ada benda jenis bom di tembok pagar kantor RRI Pro dua manokwari, lalu melaporkan  hal itu ke dirinya.

Selanjutanya bom jenis mortir di tembok pagar Kantor RRI tersebut, lalu melaporkan penemuannya ini ke aparat kepolisian yang sedang melintasi jalan tersebut.

Tim Gegana Polda Papua Barat, tiba di lokasi penemuan bom aktif peninggalan perang dunia ke II jenis mortir ini, lalu mengamankan bom tersebut masuk ke dalam alat sebuah tas dan membawa mortir itu ke mobil gegana, serta memasukkan kedalam alat  peredam ledakan, kemudian dibawa ke Mako Brimob Polda Papau Barat untuk nantinya di musnahkan. 

Kapolres Manokwari, Akbp Adam Erwindi, berdasarkan laporan warga diterima aparat kepolisian sekitar pukul 18.30 WIT, menemukan bom zaman belanda menyerupai mortar, dimana bom jenis mortir ini awalnya ditemukan pekerja galian tiang berad di dekat lokasi penemuan bom, namun diduga pekerja tiang ini bingung mau menyimpannya dimana, sehingga disimpan di pagar tembok kantor RRI Pro Dua Manokwari.

Dikatakan pula, penemuan bom jenis mortir ini tidak ada kaitannya dengan teror bom, serta hal lain yang menganggu keamanan dan ketertiban kota manokwari saat sedang berlangsungnya sejumlah rapat pleno penghitungan suara dari sejumlah TPS.


Berita Terkait