Polemik Logo Papua Barat, Dua Saksi Kunci Angkat Bicara

Oleh Charles Maniani

26 April 2019 23:10 2978 VIew

''Logo Papua Barat jadi Polemik''

Manokwari arfaknews.com – Pencipta dan pembuat Loga Provinsi Papua Barat, sejarah lahirnya logo ini  hanya diketahui dua orang dalam pembuatan logo ini.

Hal itu diungkapkan Pitter Mambor, menerangkan di tahun 2004 dirinya diperintahkan  mantan Gubernur papua barat, Abraham Oktovianus Atururi membuat Logo Papua Barat, seminggu sebelum propinsi papua barat ditetapkan menjadi propinsi defintif .

ketika Provinsi ini mau dimekarkan, gejolak Politik di Papua cukup memanas, semua orang tidak suka Abraham Atururi,lataran mau membagi Papua menjadi dua.

Waktu dirinya cukup dekat dengan Bram sapaan akrab Barhama Atururi,  lantaran sebagai seorang seniman, ikut Bram keliling daerah untuk mensosialisasikannya.

 Seminggu sebelum ditetapkan, diperintahkan untuk melukis Logo agar ditetapkan sebagi logo propinsi Papua Barat, Ucap Pitter saat  ditemuii, Rabu (24/4).

Sejak saat itu, dirinya pun dilupakan dalam sejarah membuat logo, walaupun ia adalah salah satu orang berjasa dalam menggambar Logo tersebut, terangnya.

Diungkapkan dalam 10 tahun kemudian, di tahun 2014 barulah persoalan hak cipta atas kepemilikan logo dilaporkan ke Pengadilan agar ada keputusan Hukum terkait hak Cipta Logo tersebut, hingga saat ini barulah ada proses mediasi dan Juridikasi di pengadilan atas hak cipta logo tersebut.

Sesuai dengan lamanya waktu barjalan terkait jasa Hak Cipta,  dirnya menuntut ganti rugi (Royalty)  logo Papua Barat Rp. 90 milyar rupiah". Ujarnya

Sidang berikutnya  akan dilanjutkan rabu depan, mendengarkan tanggapan dari Pemerintah Papua Barat terkait dengan Tuntutan pembuat logo, ternagnya.


Berita Terkait