Satu TPS di Manokwari Tolak PSU

Oleh Redaksi

27 April 2019 11:10 1816 VIew

''Bawaslu dan KPU serta petugas kemanan berada di TPS 01 di Kampung Misapmesi, Distrik Manokwari Selatan''

Manokwari arfaknews - Satu dari lima TPS melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di Manokwari, Papua Barat, menolak melaksanakan PSU di TPS 01, Kampung Misapmesi, Distrik Manokwari Selatan.Sabtu (27/4).

Sebelumnya, waktu pencoblosan awal 17 april, antusias warga berjumlah 106 Daftar Pemilih Tetap (DPT) mendatangi TPS 01, namun saat dilakukan PSU, tidak tanpak satu pun warga mendatangi TPS tersebut.

Selain warga, petugas KPPS di TPS 01 tidak bertugas, bahkan tenda dan alat praga pencoblosan di lokasi psu tidak tampak pula.

Komisioner Bawaslu Manokwari, Ferdrick Lobat ketika di temui awak media, berdasarkan fakta ditemui dilapangan, pada prinsipnya kepala kampung ( kepala desa), menyetujui dilakukannya PSU, namun justru warga yang menolak untuk melakukan PSU.

Bawaslu dan kepala kampung mencoba melakukan negoisasi pada warga untuk mencari solusi, agar di TPS 01, Kampung Misapmesi, Distrik Manokwari Selatan, dapat menyalurkan hak suaranya, namun hingga pukul 13.00 wit, negoisasi pun belum ada titik temu, lantaran warga tetap mensahkan pencoblosan awal.

Puluhan personil petugas keamanan dari Polres Manokwari, Brimob Polda Papua Barat, serta petugas keamanan melakukan penjagaan di TPS tersebut.

Alasan pelaksanaan PSU di TPS 01 di Kampung Misapmesi, lantaran Bawaslu Manokwari, menemukan adanya pelanggaran pemilu, sehingga Bawaslu merekomendasikan ke KPU untuk dilakukan PSU.


Berita Terkait