Kondisi Geografis Kendala Utama PLN di Wilayah Papua

Oleh Charles Maniani

30 April 2019 07:01 1121 VIew

''Senior Manager Niaga PLN Wilayah Papua dan Papua Barat,Widodo ''

Manokwari arfaknews.com - Kebutuhan akan Listrik merupakan hal terpenting bagi masyarakat di era saat ini, sehingga Pemerintah berupaya membuat kebijakan Afirmatif (Menguatkan), agar ada priortitas pelayanan pada Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T), guna meningkatkan Taraf hidup yang sama seperti daerah lain di Indonesia.

Senior Manager Niaga PLN Wilayah Papua dan Papua Barat,Widodo, Senin (29/4) menerangkan bagi PLN di Daerah 3T, ada Program Khusus dari Pusat, yakni Tim Nasional Penanggulangan Pementasan Kemiskinan (TNP2K) memberikan Subsidi ke Masyarakat.

Berdasarkan data tim nasional penanggulangan pementasan Kemiskinan, PLN bakal memberikan diskon 50 persen biaya penggunaan Listrik di wilayah papua dan Papua Barat. Untuk warga yang melakukan panmabahan daya listrik.   

PLN memperkenalkan berbagai inovasi dan program pemesangan baru di daerah 3T bersama TNP2K, serta berupaya agar Masyarakat masih gunakan Genset itu bisa beralih ke PLN" ujarnya

Kendala Utama dihadapi PLN di tanah Papau, sehingga Listrik belum menyentu ke masyarakat di pelosok pedalaman adalah masalah akses jalan, melihat Kondisi geografis wilayah Papua dan Papua Barat, berada di pegunungan dan lembah, sehingga akses jalan menuju ke daerah itu belum ada.

Ketika Tim Nasional Penanggulangan Pementasan Kemiskinan (TNP2K) melakukan survey, terkadang wilayah disurvei belum begitu mengenali daerah itu, Karena lokasinya belum terdapat jaringan, namun jika di wilayah itu terdapat jaringan, pasti segera terealisasi. Ujarnya

Di tanah Papua Daerahnya cukup sulit di Jangkau, untuk wilayah pegunungan tengah Papua, seperti di daerah Timika keatas, yakni  daerah Nduga, PLN habiskan 80 juta untuk sewa Helikopter, selain itu di daerah geografis terdapat pula Rawa, sehingga harus menggunakan perahu atau motor tempel sehingga sulit dijangkau. Jelasnya.

Berita Terkait