Pegunungan Arfak Menyimpan Destinasi Wisata Terbaik Selain Raja Ampat

Oleh Putra

18 May 2019 07:01 1025 VIew

''Salah satu danau di Pegunungan Arfak''

Pegaf arfaknews.com - Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) bisa menjadi alternatif wisata selain Raja Ampat, dimana meruakan Surga eksotis berlanskap pemnadanagn pegunungan arfak nan hijau diapit dua danau perempuan dan danau laki laki adalah pesona utamanya untuk berwisata.

Sebelum menuju ke Pegunungan arfak, para pelacong wisata dari luar Papua Barat, terlebih dulu mampir di Manokwari, usai menempuh perjalanan menuju ke Papua Barat,

Jika para wisatawan hendak menuju ke pegunugan arfak, Kota Manokwari adalah pintu gerbang ke Pegaf. Hampir semua maskapai Indonesia mempunyai rute ke pusat pemerintahan Papua Barat itu, mulai dari Garuda Indonesia group hingga Lion Group.

Untuk sampai ke Pegaf dari Manokwari bisa ditempuh menggunakan dua pilihan, menggunakan transportasi dengan mobil 4x4 atau pun mobil memiliki sistem double gardannya.

Perjalanan ini akan ditempuh selama kurang lebih 5 jam dengan melalui jalan aspal hanya ada di kawasan Manokwari dan setelahnya adalah jalan tanah yang cukup ekstrem hingga mencapai ibukota kabupaten Pegungan Arfak yakni Anggi.

Jika kondis cuaca cerah, disepanjang perjalanan para wisatawan  akan melihat pegunungan saling menjulang,  

sedangkan Harga sewa mobil ini kurang lebih sekitar Rp 4 juta PP Manokwari-Pegaf. Namun jika dengan membayar sebagai angkutan umum per orangnya di kenai biaya 150-200 ribu / orang untuk di dalam kabin, sedangkan untuk di luar kabin di kenakan biaya sebesar 100 ribu.

Selain itu Pilihan tidak pasti adalah menggunakan pesawat perintis bertarif Rp 300 ribu sekali terbang dari Bandara Rendani, Manokwari, namun penerbangan ini hanya sekali seminggu dan bila cuaca di Pegunungan Pegaf sedang buruk maka pesawat urung didaratkan.

Ada satu lagi opsi jarang diambil yakni menggunakan motor trail dan sejenisnya, Kendaraan ini jarang digunakan karena medannya cukup berat dan tak jarang banyak motor biasa tidak mampu mendaki bila belum service secara baik, seperti motor trail mulai dari penggantian ban dan gear pengerak rantai.

Pilihan transportasi paling utama untuk menuju ke sana yakni menggunakan mobil 4X4, karena selalu tersedia setiap harinya, jika pesawat terbang hanya seminggu sekali dan itu tergantung cuaca walau penerbangannya hanya sekitar 1 jam, kata samuel warga setempat..

Menurut Bupati Pegunugan Arfak, Yosias Saroy, Waktu terbaik untuk mengunjungi Kabupaten Pegaf yang eskotis itu  dibulan Maret-April, Juli-September, dan November-Desember adalah waktu terbaik ke Pegaf. Kenapa, karena bunga-bunga di Gunung Tombrok dan Kobre mulai bermekaran, salah satu jenisnya adalah anggrek tanah, kata Yosias.

Mengingat pergeseran musim hujan juga kemarau, Yosias mengimbau traveler untuk menghindari kunjungan ke Pegaf saat musim hujan, Ada beberapa kendala dihadapai  yakni bencana alam seperti longsor dan aliran sunagi banjir sering terjadi di wilayahnya itu.

Namun jika para wisatawan g memiliki jiwa adrenalin akan di suguhkan dengan pemandangan yang indah dari atas pegunungan serta udara yang sejuk, dingin dan asri.

Semua perjalanan terbilang extrim ini dengan sendirinya akan hilang setelah anda memandang alamnya yang hijau nan indah. terlebih lagi Pegaf memiliki 2 danau menjadi andalan pariwisatanya, yakni, danau anggi Giji ( laki laki ) serta danau anggi gida ( perempuan ).

Danau ini hanya terpisahkan oleh satu bukit bernama puncak kobre, ini akan membawa anda pada dunia baru, jika anda belum pernah berkunjung ke tempat ini.

Bagaimana jika anda berminat mengunjungi tempat yang satu ini? Jaminan keindahan alamnya akan anda dapatkan dengan sendirinya di sana.

Berita Terkait