Polisi Gagalkan Penyelundupan Kayu Merbau Tanpa Dokumen Ke Surabaya

Oleh Redaksi

18 June 2019 07:01 417 VIew

''Kayu Merbau rencananya diselundukpan dari Pelabuhan Kota Sorong ke Surabaya ''

Sorong arfaknews - Aparat Kepolisian dari Polres Sorong, menggagalkan Penyelundupan Kayu Merbau yang rencananya akan di selundupkan ke Surabaya menggunakan empat container, di Pelabuhan Kota Sorong.

Berdasarkan Penyelidikan dilaksanakan sesuai Surat Perintah Tugas No. 32.a/VI/2019, Tgl 11 Juni 2019. Surat Perintah Lidik No. 32.b/VI/2019, Tgl 11 Juni 2019.

Peristiwa terjadinya penyidikan ini terjadi Rabu (18/6) 2019, sekitar pukul 08.15 Wit, dimana aparat kepolisian tergabung dalam Tim langsung mengamankan 4 kontainer kayu merbau tanpa dokumen,

Diduga hasil kayu hasil illegal logging di dapati di pelabuhan kota Sorong ini, melanggar pasal 78 undang-undang 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan.

Aparat kepolisian lalu mengamankan barang bukti 4 kontainer kayu disaksikan langsung Kepala Cabang Ekspedisi Pelayaran Temas. 

Menurut keterangan kepala cabang eksepdisi pelayanan  Temas, pemilik kayu merbau ini bernama Bowo, beralamat di Kilometer 10 kota Sorong dan diketahui 20 Mei 2019 pukul 17.00 WIT kayu tersebut dimasukkan ke dalam kontainer milik temas dengan pengiriman tujuan Surabaya.

Guna mengatahui asal usl kayu tersebut, aparat kepolsian melakukan Penyelidikan mendalam tentang keberadaan pemilik kayu ini untuk mengetahui asal usulnya.

Untuk melengkapi hasil penyidikan, aparat kepolsian lalu membuat laporan model A, guna melengkapi mindik, serta melaksanakan pemeriksaan para saksi dan saksi ahli, bahkan pemilik kayu untuk proses sidik tahap 2, serta berkoordinasi dengan pihak kehutanan untuk mendatangi lokasi pemilik kayu untuk menghitung jumlah kayu dan dokumennya, ujar kabid humas Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey, melalui rilisnya ke sejumlah awak media.

 

Berita Terkait