Banyak Pemilik Usaha di Manokwari Abaikan Masalah Parkiran

Oleh Redaksi

24 June 2019 07:01 678 VIew

''Salah satu lokasi usaha, pengunjung memarkirkan kendaraannya di bahu jalan ''

Manokwari arfaknews. com - Sejumlah pemilik Toko, Hotel, restoran dan café di kota Manokwari, Papua barat, sangat mengabaikan lahan parkir, sehingga pemilik kendaraan hendak memarkirkan kendaraannya terpaksa harus memakan bahu jalan, sehingga menggangu kenyamanan pengguna jalan.

para pemilik usaha hanya menyisahkan sedikit lahan parkir di depan usahanya, sehingga jalan pun terpaksa jadi lahan parkir buat mereka walaupun hal itu telah dilarang Undang Undang RI nomor 22 tahun 2009 tentang lalu Lintas.

"Seharusnya, pemilik usah sebelum menjalankan usahanya terlebih dulu menyiapkan lahan parkiran, tetapi menyikap kondisi jalan tidak ada perkembangan, sementara volume kendaraan semakin meningkat, tegas Kepala Dinas Perhubungan Manokwari, Alberth Simatupang, Jumat (21/6).

Diakuinya, Tidak serta merta pengusaha disalahakan, tetapi memang sebenarnya wajib hukumnya, sebab mereka sudah harus menyiapkan lahan parkiran untuk usahanya .

Untuk mengatasi masalah tersebut, dinas perhubungan sudah mendatangi para pelaku usaha, agar menyelesaikan persoalan tersebut.

Kedepannya akan dibuat Forum eksternal untuk melibatkan pemilik Toko, cafe dan Hotel, serta stekholder lain termasuk aparat dari Polres Manokwari.

Sebelum Forum eksternal di jalankan, dinas Perhubungan akan memberikan kebijakan, agar menggunakan bahu jalan tanpa mengurangi arus lalulintas, namun pemerintah tetap menarik retribusi sesuai perda di Manokwari, konsep itu akan kita sampaikan di forum eksternal nanti, ucapnya.

   

Berita Terkait