Pembebasan Lahan Pelebaran Jalan Bakal Ditanggung Pemda Manokwari

Oleh Redaksi

27 June 2019 07:01 536 VIew

''Wakil Bupati Manokwari Edy Budoyo, ketika menghadiri salah satu kegiatan Halal Bihalal di Hotel Soribo''

Manokwari arfaknews - Terkait pembebasan lahan untuk pelebaran jalan Drs Essau Sesa (Jalan Baru)  Pemerintah Daerah Manokwari (Pemda) bakal menaggung biaya pembebasan lahan, namun terkait pendirian bangunan di serahkan ke Pemprop Papua Barat.

Hal ini dilontarkan wakil Buapati Manokwari Edy Budoyo, mengatakan kemungkinan besar biaya untuk lahan bakal di tanggung Pemda Manokwari, sedangkan untuk bangunan yang terkena dampak pelebaran jalan bakal di tanggung pemerintah Papua Barat, namun hal itu perlu dibahas ulang lagi antara Bupati Manokwari dan gubernur Papua Barat.

Dikatakan pula, rencana pelebaran lantaran kebutuhan dan keadaan sudah mendesak, sehingga mau tidak mau atau suak tidak suka, jalan Drs Essau Sesa akan di lebarkan, namun pelebaran jalan ini memberi dampak ke masyarakat yang bakal terkena gusuran.

Edy pun membandingkan jalan di kota Jayapura di Papua sudah lebar dan dua jalur, sehingga kemacetan jalan yang sudah lebar bakal terhindar dari kemacetan, berbeda dengan saat ini kondisi jalan Drs Essau Sesa, jika jam kantor berlangsung sangat rawan menimbulkan kemacetan, sehingga jalan tersebut harus di lebarkan, jelasnya.

terkait kisaran biaya untuk pembebsan lahan, akan di bacarak lagi dengan warga yang terkena dampak penggusuran lahan untuk pelebaran jalan, ungkapnya.

Jalan Drs Essau Sesa yang di lebarakan berdasarkan data di peroleh berjumlah 25 meter yakni 12,5 Meter ke sisi kanan dan 12,5 Meter di sisi kiri dari titik tengah jalan sepanjang 15 kilometer, pelebaran jalan ini di mulai dari pertigaan lampu merah Drs Essau Sesa sampai ke pertigaan kampung Maruni, Distrik Manokwari Selatan.

Berita Terkait