Kapal Bermuatan BBM Tanpa Dokumen Diamankan Polisi

Oleh Redaksi

27 June 2019 07:01 365 VIew

''Kapal nelyan memuat BBM tanpa dokumen''

Teluk Bintuni Arfaknews – aparat kepolsian dari Polres Teluk Bintuni mengamankan sebuah kapal pengangkut bbm jenis solar sebanyak 3.000 liter di dalam drum dan jirigen tanpa di lengkapi dokumen terkait asal usul bbm dan ijin angkut.

Diduga kapal bermuatan 3.000 Liter BBM Illegal ini, melanggar  pasal 53 huruf b dan d jo 23 ayat (2) huruf b dan d jo. uu nomor 22  tahun 2001 ttg minyak dan gas bumi jo pasal 55 kuhPidana

Barang bukti diamnkan guna proses penyidikan selanjutnya, 1 (satu) unit kapal jolor, 6 (enam) drum warna biru berisi minyak solar dengan kapasitas 200 liter, 70 (tujuh puluh) buah jerigen berisi minyak solar dengan kapasitas 35 liter/ jerigen.

Sementara pihak kepolisian terkait kapal bermuatan BBM tanpa dokumen beberap saksi turut di mintai keternagn diantaranya, Nahkoda kapal bernama Mustamin alias kk Ganteng , sedangkan BBM termuat adalah BBM Jenis solar sebanyak 3.000 (tiga ribu liter), bbm jenis solar  tersebut berasal kapal kapal kapal boot milik lng tangguh yg di beli di seputaran muara Bintuni

Sedangkan BBM jenis solar tersebut dibeli dengan harga Rp. 5.000,- /liter, selanjutnya dibawa ke kota bintuni untuk di jual ke penyalur BBM dengan harga Rp. 6000/liter.

Kapal penampung biasanya beroperasi untuk menampung BBM dari boot milik LNG berjumlah sekitar 5 unit, beroperasi di daerah Teluk bintuni, untuk sementara masih ada kapal berada di luar untuk menampung berjumlah dua unit, Ujar Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Mathias krey. melalui rilisnya, Rabu (26/6).

Berita Terkait