Desakan Para Tokoh ke Gubernur, Melantik 6 Calon Anggota MRP Papua Barat

Oleh Redaksi

08 July 2019 07:01 356 VIew

''Para tokoh mendesak untuk dilakukan pelantikan ke 6 anggota MRP-PB ''

Manokwari arfaknews.com - Sejumlah Tokoh Masyarakarat dari berbagai elemen di Papua Barat diantaranya, Tokoh Gereja Bethel Gereja Pentakosta (GBGP) di Tanah Papua, Tokoh Perempuan Wondama, Tokoh Adat  Bintuni dan Tokoh Pemuda Fak-Fak, mendesak Gubernur Papua Barat, segera melantik enam calon Anggota MRP berdasarkan hasil Keputusan Inkracht dari Mahkama Agung (MA) RI pada 22 juni 2019 menjadi Anggota Majelis Rakyat Papua Periode 2017-2022,

Berdasarkan hasil Keputusan Inkracht dari Mahkama Agung (MA) RI pada 22 juni 2019 lalu, hingga saat ini belum ada kejelasan pelantikan ke enam Anggota MRP-PB yang memenagkan gugatan di MA.

Ketua Klasis, Gereja Bethel Gereja Pentakosta di Tanah Papua (GBGP), Pdt. Yakonis Marini, menerangkan pihaknya telah merekomendasikan Pdt. Leonard Yarolo, masuk mewakili GBGP, namun, katanya tidak tahu kenapa bisa berubah dan Sebagai Ketua Klasis, kami tahu hanya Pdt.Leonard Yarolo direkomendasikan sesuai Kriteria".Ucap Marini Minggu (7/7)

Menurutnya, sudah ada keputusan hasil gugatan dari MA, maka meminta Gubenur Papua Barat segera melantik enam Calon Anggota menjadi Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP-PB) periode 2017-2022,  pasalnya sesuai dengan sifat hukum, memaksa dan mengikat.

selain itu meminta Gubernur Papua Barat segera melantik Pdt. Leonard Yarolo sebagai Anggota MRP perwakilan agama utusan Gereja GBGP di Tanah Papua, jelasnya.

Senada itu pula di sampaikan, Ketua BPS Perwakilan Sinode GBGP di Papua Barat, Derek Samberbori, mengatakan sejak penjaring calon Anggota MRP pada 2017 lalu, pdt. Leonard Yarolo sudah disiapkan sebagai calon MRP Papua Barat, walaupun ada sedikit masalah namun berdasarkan aturan Gereja, di usulkan selaku calon sesuai dengan kriteriadi ajukan, ungkapnya.

Dukungan pada Pdt. Yarolo, karena sudah ada keputusan kasasi dari MA, sehingga mendesak Gubernur Papua Barat segera melantik Pdt. Leonard Yarolo sebagai Anggota MRP perwakilan agama utusan Gereja GBGP di Tanah Papua". Jelasnya

Selain itu, Hayatu R. Fimbay, menerangkan dirinya sebagai Panpil Teluk Bintuni berasal dari lembaga adat, telah mengikuti mengawal proses dari awal hingga saat ini, dari lembaga Adat tidak bisa mengintervensi keputusan Kasasi MA, sebab itu diharapkan pada Gubernur untuk segera melantik enam orang calon Anggota MRP menjadi Anggota MRP Papua Barat. ujarnya

pada anggota MRPB-PB yang sekarang agar menerima putusan ini dengan Legowo, karena ini keputusan telah inkrah di Mahkama Agung RI.

Ketua Perempuan Wondama Jurike Waprak, dirinya terlibat secara langsung dalam pemilihan awal tahap seleksi di tingkat Kabupaten hingga Provinsi, hingga terjadinya masalah gugatan PTUN Jayapura hingga ke MA, karena itu dirinya mendesak Gubenur untuk segera menseriusi masalah ini.

Sebagai Ketua Perempuan Wondama Papua Barat, minta agar Gubernur tak boleh menunda-nunda Pelantikan ini, karena proses ini sudah berlasung selama satu tahun lebih, supaya jelas agar perempuan Wondama duduk di sana dan menunggunya, ucapnya.

Disarankan kepada Ke enam Anggota MRP bakal digantik, agar legowolah menerima keputusan hukum yang ada, semua telah melalui proses hukum hingga kasasi di MA.

Selain itu, Sekretaris Umum DPD KNPI Fak-Fak, Emma Hegemur, meneranhkan sebagai sebagai Tokoh pemuda, pihaknya menghormati putusan hukum dan menjujung tinggi putusan Hukum yang ada, Sebagai Tokoh pemuda, mendukung Keputusan Hukum yang berlaku, Karena sudah ada keputusan inkrah di MA maka mau buat apa lagi, karena ini kami mendukung keputusan Hukum yang berlaku, jelasnya.

Berita Terkait