Wakil Ketua Perindo Bantah Kesaksian Ketua Perindo dan Sekretaris Gerindra Tambrauw

Oleh Jams Aisoki

16 July 2019 07:01 527 VIew

''Sidang DKPP terkait Pemilu''

Manokwari, arfaknews.com –Hasil Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam sidang pemeriksaan perkara terduga Penyelenggara Pemilu Kabupaten Tambrauw, pada pemilu 17 April 2019 lalu bertempat di kantor Bawaslu Provinsi Papua Barat, Jumat (12/7).

Caleg Partai Perindo Nomor Urut 01, Dapil 2, menjabat sebagai Wakik Ketua I DPD Perindo Kabupaten Tambrauw,  Hugo Asrouw membantah kesaksian Ketua DPD Perindo dan Sekretaris DPC Gerindra Tambrauw, atas keterangannya dan kesaksianya menuding tidak dilakukannya Pleno Rekapitulasi suara ditingkat TPS dan  PPD.

Dijelaskan Kesaksian Sekretaris Gerindra dan Ketua Perindo serta Saksi lainnya dalam Sidang DKPP, menuding Penyelenggara Pemilu tingkat TPS dan PPD, di dapil I, II dan III tidak melakukan Pleno rekapitulasi suara, hal itu dinilainya tidak benar, keliru.

Selaku Caleg, dirinya merupakan salah satu caleg Dapil 02 meluputi Distrik Kwor, Tobouw, Abun, Amberbaken Barat, Amberbaken, Mubrani dan Distrik Kwosefo turut aktif dalam mengawal proses tersebut, sehingga meminta Bawaslu untuk turun dan melakukan pengecakan (validasi) data di lapangan agar tidak terjebak dengan kesaksian para saksi.

Sebagai Pengurus Partai Perindo, sekaligus caleg dapil II Tambrauw, menegaskan penyelenggara Pemilu di KPU dan PPD, maupun KPPS telah melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang ada, Artinya Penyelenggara telah melaksanakan tahapan rekapitulasi suara dengan benar, baik di TPS, PPD hingga sampai Di KPU, kata Hugo, ketika di temui arfaknews, Senin (15/7).

Sesuai dengan pengamatannya sebagai caleg, semua tahapan telah dilalui, baik di dapil I, II dan III,  talah dilakukan di tingkat TPS dan PPD, barulah bawah ke KPU, sedangkan Ada beberapa TPS melakukan PSU di dapil III, tapi bukan berarti mereka tak lakukan pleno, bebernya.

Demikian pula dapil 1, telah melakukan kordinasi lintas parpol dan caleg ternyata semua telah melakukan Pleno baik dari tingkat TPS, PPD hingga KPU.

Ketua KPU Kabupaten Tambrauw, Abraham Yosias Imbiri, Ketika dikonfirmasi melalui WhatsAp, namun hingga belum ada respon.

sedangkan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu 2019, dalam Sidang kode etik terkait dua perkara, yakni nomor perkara 169-PKE-DKPPV/2019. Dengan teradu Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Tambrauw, Abraham Yosias Imbiri, Simon Petrus Baru, Saharul Abdul Karim, Ishak Bame dan Rosina Anggelina Ohoiulun. Teradu lain Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Tambrauw, Johannis PM Manyambouw, Gema A Ngamelubun, dan Abudin Sangaji.

Sedangkan Maria Lovernia Hay, Keliopas Momo, Tohanis Victor Baru, dan Rispa Yunita Wanma senagai pengadu. Mereka adalah calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Caleg DPRD) Kabupaten Tambrauw.

Berita Terkait