Minim Sarana Irigasi, di 2019 Cetak Sawah Baru di Manokwari Dihentikan

Oleh Rizaldy

16 July 2019 07:01 473 VIew

''Program Cetak Sawah Baru menjadi Program Strategis Nasional di bidang Pertanian mulai digulirkan sejak 2016, 2017, dan 2018, Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Manokwari menghentikan Program Cetak Sawah karena terkendala minimnya sarana pengairan.''

Manokwari, arfaknews.com - Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Manokwari menyatakan, mulai tahun 2019 dan tahun-tahun selanjutnya akan menghentikan program cetak sawah baru di Kabupaten Manokwari.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Manokwari Kukuh Saptoyudo di Manokwari menegaskan, penghentian program cetak sawah baru di sebabkan karena tidak tersedianya sarana perairan untuk memenuhi kebutuhan air untuk sawah yang baru dicetak.

''Untuk tahun ini dan kedepannya Saya hentikan (program cetak sawah baru. red), saya tidak setuju. Kita sudah terlanjur cetak tapi airnya belum ada, kan bumerang bagi kita,'' kata Kukuh.

Menurutnya, pembangunan cetak sawah baru mestinya dilengkapi dengan sarana perairan yang memadai. namun kenyataannya, sejak digalakannya program cetak sawah baru pada 2016 lalu tidak dibarengi dengan fasilitas perairan.

Meskipun demikian, Kukuh mengakui adanya pembangunan embung untuk menampung dan menyuplai air langsung ke sawah, namun Ia menilai pembangunan embung di Distrik Sidey oleh dinas Pekerjaan Umum itu terlambat.

''Itu (embung.red) kan ketinggalan, sementara cetak sawahnya sudah dilakukan. makanya, tahun ini saya suruh hentikan,'' tukas Kukuh kepada arfaknews.com belum lama ini.

Ia merincikan, pembangunan cetak sawah baru di wilayah kabupaten Manokwari dimulai sejak tahun 2016 dengan luasan cetak baru seluas 600 hektar, kemudian di tahun 2017 seluas 400 hektar dan pada tahun 2018 seluas 120 hektar.

Program cetak sawah baru di Manokwari masuk dalam agenda program strategis pembangunan pertanian di Kabupaten Manokwari. namun sayangnya, program yang digalakan secara masif di daerah ini malah dihentikan lantaran tidak dilengkapi fasilitas perairan yang memadai.

Berita Terkait