Fraksi Otsus Meminta Pemerintah Alokasikan Dana Untuk KONI PB di APBD-P 2019

Oleh Jams Aisoki

25 July 2019 07:01 1236 VIew

''Ketua Fraksi Otonomi Khusus DPRD Provinsi Papua Barat, Yan Anton Yoteni''

Manokwari arfaknews.com- Guna memajukan olah raga ,Fraksi Otonomi Khusus DPRD Papua Barat, meminta pemerintah Provinsi Papua Barat mengalokasikan Dana Hibah untuk KONI di APBD Perubahan, pasalnya anggaran tersedia saat ini belum mencukupi untuk membiayaai Pelatihan, hingga sarana prasarana dibutuhkan para atlit.

Ketua Fraksi Otonomi Khusus DPRD Provinsi Papua Barat, Yan Anton Yoteni, menguatarakan  Banyak cabang olah raga dibiayai KONI, tapi dana tersedia terbatas, sedangkan para atlit harus dipersiapkan semaksimal mungkin dalam mengikuti Pra –PON, sebab dana diterima KONI memang besar untuk memenuhi kebutuhan Tiap cabang olahrag, itupun tidak mencukupi.

Sebagai Wakil Ketua Pengurus Harian Persatuan Dayun Seluruh Indonesia (PODSI) Papua Barat, mengatakan untuk memberangkatkan atlit dalam bertanding, harus mengluarkan dana pribadi, lanatarn dana pembinaan yang ada, tidak mencukupi untuk membiayai atlit.

Oleh Karena itu Pemerintah Papua Barat harus mengalokasikan Dana untuk KONI, pasalnya dalam  PON XX mendatang, Papua Barat mau menang sedangkan atlitnya terlihat macam kekurang gizi.

Jika mau Papua Barat tampil dengan prestasi baik, dana  untuk KONI harus ditambahkan di APBD Perubahan, ucap Yan Yoteni ketika ditemui Senin (22/7).

Ketua Harian KONI Papua Barat, Daud Indouw menjelaskan dana telah di hibahkan Pemerintah ke KONI Papua Barat sebesar 30 Milyar, dimana dalam peruntukannya Sesuai hasil rapat Pleno setiap cabang olah raga, dana 20 Milyar dialokasikan untuk Puslatda, 5 M untuk KONI  Papua barat dan 5 M lagi untuk Pengprov Cabang Olah Raga (Cabor).

Kurangnya dana membiayai atlit, sehingga Gubernur Papua Barat, selaku Ketua Umum KONI menambah lagi dana 5 M, sehingga KONI mengambil keputusan, dana 5 M di tambahan pemerintah di distribusikan untuk atlit dalam mengikuti Puslatda, terangnya.

Berita Terkait