Segera Daftar, Papua Barat Dapat Jatah 12 Kuota Beasiswa Sekolah Pilot

Oleh Jams Aisoki

25 July 2019 07:01 1219 VIew

''Pilot dan Co Pilot pesawat''

Manokwari arfaknews.com - Pemerintah Pusat melalui Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi menyiapkan anggaran untuk sekolah Pilot untuk daerah di Indonesia masuk dalam ketegori 3T.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 113 tahun 2015, pemerintah Pusat sedang menaruh perhatian serius membangun daerah 3T sehingga hal ini diprioritaskan untuk daerah 3T  itu sendiri, meliputi Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Jawa Timur.

Walapun di Papua Barat sendiri beberapa daerah tidak masuk dalam kategori daerah 3T, diantaranya, Manokwari, Kota Sorong, Raja Ampat dan Kabupaten Kaimana, namun dalam seleksi ini diakomodir karena termasuk dalam walayah Papua Barat.

Program beasiswa ini gratis, semuanya ditanggung pemerintah, hanya calon peserta membayar biaya registrasinya, Peserta diterima mulai lulusan SMA, DI, DII dan DIII hingga Sarjana. Umur maksimum lulusan SMA 23 Tahun, sedangkan Sarjana umur maksimum 27 Tahun dengan kuota dibutuhkan sebanyak 12 orang dari seluruh daerah 3T.

Sekretaris Prodi D-III Operasi Pesawat Udara Akademi Penerbangan Indonesia, (API) Banyuwangi, Ade Sugandi, Program Sebelumnya dikhususkan untuk masyarakat tidak mampu, namun untuk saat ini pertama kali dipriotaskan kepada daerah 3T di Indonesia.

Pembukaan Pelaksanaan sudah mulai dari tanggal 18 Juli hingga 14 Agustus dan pelaksanaan seleksi selama seminggu dimulai 16 Agustus 2019. Di Papua Barat sendiri akan dilaksanakan di Dinas Perhubungan Papua Barat melalui tes Online, jika jaringan tidak mumpuni akan dilaksanakan tes Offline, Ucap Sugandi sembari menerangkan di Daerah akan dilaksanakan seleksi administrasi, intervieuw, Kesehatan tahap I dan selanjutnya akan diberangkatkan ke Jakarta untuk tes Kesehatan tahap II dan seterusnya disana, ungkapnya  Rabu (24/7).

Dari 12 Kuota tersedia, diharapkan ada keterwakilan dari semua daerah, kalau Papua Barat dapat 2 jauh lebih baik. Prinsipnya, dalam seleksi ini terbuka untuk umum, terbuka untuk siapa saja, asalkan bersal dari daerah 3T dan memenuhi syarat akan diterima, tambahnya.

Selain itu, Kepala Bidang Perkertaapian, Dinas Perhubungan Papua Barat, Markus L. Sabarofek menghimbau masyarakat Papua Barat untuk segera menanggap peluang tersedia untuk segera mendatar diri di Dinas Perhungan Papua Barat.

Dalam seleksi ini, persyaratannya cukup ketat, misalnya kesehatan harus baik, dan memiliki basic Ilmu Eksat atau sekolah kejuaran teknik atau jurusan mesin.

Bagi para anak Papua Barat agar segera datang dan daftarkan diri di Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, siapa tahu, anda terpilih wakili Papua Barat. Yang terpenting, mentalitas, komitmen dan tekad serta disiplin dalam mengikuti program ini. bebernya

Berita Terkait